Senin , Mei 17 2021
Home / Ruwa Jurai / Kota Bandar Lampung / Ketua TP PKK Provinsi Gandeng AIMI Cegah Stunting di Lampung

Ketua TP PKK Provinsi Gandeng AIMI Cegah Stunting di Lampung

LAMPUNG1.COM, LAMPUNG TIMUR–Ketua TP PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal menggandeng AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) untuk mensosialisasikan pencegahan Stunting bagi kader PKK di Kabupaten Lampung Timur. Acara dilaksanakan di Gedung PKK, Komplek Pemda Lampung Timur, Selasa (15/10/2019).

“Saya menggandeng AIMI karena mengingat betapa pentingnya ASI bagi pertumbuhan anak. AIMI saat ini gencar menyosialisasikan pentingnya pemberian ASI eksklusif. Salah satunya dengan menyelenggarakan kelas edukasi yang memberikan informasi seputar ASI kepada masyarakat khususnya para ibu yang bermasalah dengan produksi ASI,” ujar Bunda PAUD Provinsi Lampung ini.

BACA JUGA:  Wabup Lamteng Ardito Wijaya Ikuti Rapat Disiplin Prokes Covid-19 Secara Virtual

Riana melanjutkan untuk gerakan PKK nantinya akan berubah menjadi Rencana Induk PKK yang akan ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri.

Apabila Rencana Induk PKK ini telah ditetapkan, kedepan Gubernur mempunyai kewajiban melaporkan kegiatan PKK nya kepada Menteri Dalam Negeri, sedangkan Bupati/Walikota berkewajiban melaporkan kegiatannya kepada Gubernur begitu sampai kebawah.

“Artinya kedudukan PKK ini nantinya akan semakin kuat, karena Peraturan Presiden No.99 tahun 2017 ini mulai diterapkan pada Rakernas tahun 2020,” ujar Riana.

Dalam kesempatan itu Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana juga menyampaikan Stunting merupakan isu Nasional. Jadi artinya Pemerintah Pusat pun sangat serius memerangi kasus stunting ini. Untuk itu sosialisasi juga membahas pentingnya pencegahan stunting dan pemenuhan gizi untuk bayi.

BACA JUGA:  Bank Mandiri Lampung Jalin Silaturahmi dan Bukber Bersama PWI dan Insan Pers Lampung

Riana menjelaskan sama halnya dengan pencegahan stunting kepada anak, pencegahan IVA pada Ibu juga merupakan permasalahan yang tak kalah penting.

“Usia produktif maupun tidak produktif lagi harus tetap rajin melakukan pemeriksaan IVA apalagi sekarang sudah ada BPJS. Dengan sering melakukan kontrol, maka bahaya Kanker Serviks dapat diketahui sejak dini dan cepat dilakukan pengobatannya”.

Riana menjelaskan kader PKK berperan untuk menjadi motor penggerak dalam memberikan penyuluhan dan edukasi kepada warga masyarakat akan bahaya stunting dan melaksanakan IVA test dalam rangka mencegah Kanker Serviks sejak dini kepada ibu rumah tangga.

BACA JUGA:  Rumah Reyot di Bawah Pohon Bambu Itu Juga Direhab Tentara

Sementara Ketua TP PKK Lampung Timur Putri Ernawati Zaiful Bukhari, mengucapkan terimakasih kepada Ketua TP PKK Provinsi Lampung yang begitu peduli kepada anak anak dan kaum perempuan, serta turun langsung memberikan penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat Lampung Timur. (Red)

About admin

Check Also

3.250 Pemudik Rapid Test, 24 Diantaranya Positif Covid-19

LAMPUNG1.COM,Polri telah memutarbalikan 36.468 unit kendaraan terkait larangan mudik Lebaran Sabtu (15/4/2021). Dari jumlah tersebut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *