Senin , Desember 9 2019
Home / Kesehatan / Plt. Gubernur Riau H. Isdianto : Generasi Kepri Harus Sehat-Sehat

Plt. Gubernur Riau H. Isdianto : Generasi Kepri Harus Sehat-Sehat

LAMPUNG1.COM, Kepri – Plt. Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto mengatakan bahwa untuk membangun daerah sangat diperlukan kesehatan fisik dan fikiran. Karena itu, Isdianto berharap generasi Kepri harus sehat-sehat.

Seperti bebas dari stanting, terbebas dari obesitas dan penyakit lainnya yang menghambat produktifitas.
Hal ini dikatakan Isdianto saat menghadiri kegiatan senam sehat bersama dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019 di halaman Gedung Daerah, Tanjungpinang, Ahad (17/11).

Adapun HKN ke-55 tahun 2019 kali ini Kementerian Kesehatan RI mengedepankan tema besar ‘Generasi Sehat, Indonesia Unggul’.

“Dengan generasi kita yang sehat secara fisik dan sehat juga secara fikiran. Maka Insya Allah Kepri kedepan akan semakin baik disegala lini. Sehat adalah modal dasar untuk membangun,” kata Isdianto.

Dalam kesempatan ini Isdianto juga menyoroti masalah stanting (pengkerdilan fisik). Hingga saat ini di Kepri masih terdaoat sekitar 30 persen kasis stantingnya. Dan berharap bisa ditekan hingga angka 20 persen.

“Pencegahan stanting juga bagian dari program kesehatan kita yang patut diperhatikan. Ini adalah bagian dari upaya menciptakan generasi unggul di Indonesia, khususnya di Kepri. Dan ini harus kita dukung dengan serius,” katanya.

Sementara itu dr. Cut Putri Hariani MH.Kes selaku Direktur P2PTM Kemenkes RI yang juga hadir dalam kesempatan ini. Disamping stanting, dia juga membahas soal obesitas dan cara mengatasinya.

Menurut Cut Putri, obesitas adalah penyakit yang akan menjadi bom waktu jika dibiarkan tanpa diperhatika. Ciri-ciri fisik obesitas, katanya, berdasarkan lingkar perut, untuk laki-laki diameter perut diatas 90 centimeter sedangkan untuk perempuan diatas 80 centimeter.

“Ayo kita hidup sehat. Atasi obesitas dengan cara jangan merokok, bergerak minimal 30 menit setiap hari dan cek darah secara rutin atau sebulan sekali,” katanya.

Dalam peringatan HKN ke-55 kali ini Pemerintah Provinsi Kepri juga memberikan sejumlah penghargaan kepada pemerintah kabupaten dan kota, instansi kesehatan dan perusahaan yang konsen dengan masalah kesehatan lingkungan dan karyawannya. (Red)

2,903 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

About admin

Check Also

KSK dan SPD Gelar Pengobatan Gratis Bagi Warga Keteguhan

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung – Komunitas Sadar Kesehatan (KSK) Lampung dan Solidaritas Pemuda Demokratik (SPD) adakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!