Kamis , September 24 2020
Home / Ruwa Jurai / Lampung Selatan / Pemda Lamsel Bersama KKP RI Kampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Germarikan)

Pemda Lamsel Bersama KKP RI Kampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Germarikan)

LAMPUNG1.COM, Lampung Selatan – Dalam rangka mengkampanyekan Gerakan Makan Ikan, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI lakukan agenda kegiatan Safari Gemarikan bersama Ketua Komisi IV DPR RI di PKOR Way Halim Bandar Lampung, Minggu (15/12/2019).

Plt. Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, bersama jajaran Pemkab Lampung Selatan turut hadir pada kegiatan tersebut untuk ikut serta mengkampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) untuk seluruh Masyarakat Lampung.

Pada kesempatan itu pula, Pemkab Lampung Selatan melalui Dinas Perikanan Lamsel mendapatkan Bantuan 1 Paket Bangunan Sentra Kuliner dari Kementrian Kelautan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI) yang di serahkan langsung oleh Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, SE kepada Plt. Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto.

Dr. Agus Suherman , S.Pi,M.Si Direktur Jendral Penguatan Daya Saing Produk Kelautan Dan Perikanan mengungkapkan, KKP selama tahun 2019 terus gencar mengkampanyekan Gemarikan.

Program ini juga dimaksudkan untuk mendukung program nasional penanganan stunting dan mendukung program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Indonesia. Menurutnya, penurunan angka stunting bisa diturunkan dengan gemar makan ikan.

“Ayo kita makan ikan setiap hari, karena ikan proteinnya sangat penting untuk kita semua, mudah, murah serta lengkap gizinya. Kalau kita makan ikan, insya Allah kita jadi cerdas, kuat, dan sehat untuk menuju kegiatan yang lebih baik lagi, dan anak-anak kita akan menjadi anak-anak yang lebih baik, lebih cerdas, dan lebih sehat,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Febrizal lefi, Kadis Perikanan Provinsi Lampung mengatakan, peningkatan konsumsi ikan merupakan program pemerintah dalam upaya menurunkan masalah gizi seperti stunting (kerdil), wasting (lemah), overweight (kelebihan berat badan).

Lefi juga menyampaikan, bahwa Provinsi Lampung berpeluang menjadi salah satu lumbung ikan nasional. Maka dari itu, Pemprov Lampung akan meningkatkan produksi dan ekspor ikan melalui Program Nelayan Berjaya.

Beberapa langkah yang dilakukan Pemprov Lampung yakni, mendorong tumbuhnya usaha budidaya perikanan dan memberikan pendampingan pemasaran, selanjutnya mengintegrasikan nelayan dan keluarga nelayan dalam pengembangan industri pengolahan perikanan.

“Pemprov Lampung juga akan memberikan asuransi nelayan dan jaminan sosial bagi nelayan lansia, memberikan beasiswa bagi anak-anak nelayan berprestasi, juga mendirikan SPBU bagi nelayan”, Ucapnya saat membacakan sambutan Gubernur Lampung.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, SE mengatakan dalam sambutannya agar program makan ikan dapat terus didukung oleh pemerintah kabupaten/kota dengan mengkampanyekan Gemarikan didaerahnya masing-masing.

“Manfaat ikan yang begitu banyak harus dipahami oleh masyarakat, saya berharap untuk kedepan pemerintah kabupaten/kota dapat menggaungkan Gerakan Makan Ikan ini di daerahnya,” ungkapnya.

Kegiatan Safari Gemarikan dilanjutkan dengan dilakukannya edukasi makan ikan, demo masak olahan ikan dan makan menu ikan bersama-sama yang sebelumnya telah disiapkan oleh panita pelaksana. (Pranata)

About admin

Check Also

Bupati Dewi Handajani Ikuti Kongres Anak Indonesia 2020 Melalui Video Conference

LAMPUNG1.COM, Tanggamus – Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, mengikuti kegiatan Kongres Anak Indonesia 2020 melalui …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *