Rabu , September 23 2020
Home / Peristiwa / Program KEMEN PUPR RI BSPS Seprovinsi Lampung Khususnya Kab. Tubaba Tidak Ada PBRS

Program KEMEN PUPR RI BSPS Seprovinsi Lampung Khususnya Kab. Tubaba Tidak Ada PBRS

LAMPUNG1.COM, Tubaba – Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) ditergetkan rampung pada pertengahan Desember 2019 mendatang.

Program tersebut merupakan program Kementrian Pekerjaan Umun dan Perurumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR RI) dan sebayak 300 Rumah di Wilayah Tubaba.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimta) Kabupaten Tubaba melalui Guntur Padra Jaya Kepala Bidang (Kabid) Permukiman di ruangan kerjanya, Senin (25/11/2019).

Dirinya mengatakan bahwa di tahun anggaran 2019 ini Kabupaten Tubaba mendapat bantuan Program BSPS dari pusat sebanyak 300 rumah yang tersebar di wilayah Kabupaten Tubaba.

“Tahun ini di Kabupaten Tubaba mendapatkan bantuan dari Kementrian PUPR pusat hanya berupa BSPS. Bantuan tersebut terbagi dua : Peningkatan Kualitas Rumah Swadaya (PKRS) sebesar Rp 17,5 juta, rincian adalah bahan banguan Rp 15 juta dan upah kerja Rp 2,5 juta. Sedangkan yang kedua: adalah Pembangunan Baru Rumah Swadaya (PBRS) total bantuanya Rp 35 juta yang terdiri dari bahan bangunan Rp 30 juta dan sisanya untuk upah kerja sebesar Rp 5 juta.

“Tetapi di Tubaba ini kita tidak mendapatkan (PBRS) padahal sudah kita ajukan, termasuk dari Tahun yang sebelumnya juga sudah di ajukan ternyata sampai saat ini belum juga kebagian,” ucapnya.

Padahal anggaran dari pusat lebih dari Rp 400 triliun di siapkan untuk semua provinsi/Kota se Indonesia.

Lanjutnya, “mungkin untuk tahun 2020 nanti kita mudah-mudahan dapat yang jelas 2019 ini kita belum dapat yang namanya pembangun baru rumah swadaya, meskipun sekarang rumah masyarakat Tubaba masih banyak yang belum layak huni”, tuturnya.

“Untuk meningkatkan pembangunan rumah layak huni sebanyak 300 rumah. Dan insaallah ini akan selesai pada pertengahan Desember 2019 ini”, kata Guntur.

Menurut Guntur Program BSPS merupakan Program Pusat berupa bantuan stimulan bagi warga yang kurang mampu,guna membangun rumah dengan capain standar layak huni. Dan BSPS sendiri bersipat langsung dari Pusat kepada Masyarakat Penerima.

“BSPS ini bantuan dari Pusat bagi Warga kita untuk membangun Rumahnya dengan capain standar Rumah layak huni. Dan bantuan ini berupa dana yang langsung diterima serta dikelola oleh masyarakat dengan di bantu dari Pendamping ditiap Desa masing-masing”, ucapnya.

Sedangkan masyarakat penerima BSPS di Tubaba dirinya menambahkan adanya di empat Kecamatan se-Tubaba. Dan untuk jumlah Tiyuh penerima ditiap Kecamatan tidak sama, namun untuk jumlah penerima di tiap Tiyuh sama yakni 30 rumah.

“Warga penerima BSPS sendiri itu paling banyak di Kecamatan Tulang Bawang Tengah, yakni sebanyak 5 Tiyuh dan Kecamatan Lambu Kibang 2 Tiyuh, serta Pagar Dewa 1 Tiyuh, dan selanjutnya Tulangbawang Udik sebanyak 2 Tiyuh. Insaallah semuanya di perkirakan selesai pertengahan Desember ini”, paparnya. (Slm)

About admin

Check Also

Pengurus PMI Di Lima Kecamatan Pesisir Resmi Dilantik

LAMPUNG1.COM,PESAWARAN-Pengurus PMI di lima Kecamatan resmi dilantik oleh Ketua PMI Pesawaran, pada Rabu (23/09/2020) meski …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *