Kamis , Januari 30 2020
Home / Kesehatan / Antisipasi Serangan DBD, Dinkes Pali Minta Lurah dan Kades Ajak Warganya Bergotongroyong Bersihkan Lingkungan

Antisipasi Serangan DBD, Dinkes Pali Minta Lurah dan Kades Ajak Warganya Bergotongroyong Bersihkan Lingkungan

LAMPUNG1.COM, Pali – Memasuki musim hujan, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), M. Mudakir SKM, mengimbau kepada masyarakat agar bisa antisipasi dengan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Tempat yang rawan masyarakat terserang DBD itu yakni di Kecamatan Talang Ubi dan kecamatan Penukal utara.

“Daerah rawan yang sering diserang DBD yakni di Kecamatan Talang Ubi sebanyak enam keluarahan,  dan Kecamatan Penukal Utara Desa Tempirai, karena kepadatan penduduk dan tempanya lembab,” kata Mudakir Kadinkes Pali, Senin (6/1).

Ia meminta masyarakat harus extra waspada. “Masyarakat mesti exra hati-hati dalam menjaga kesehatanya karna musim hujan dapat menyebabkan penyakit DBD, ” ungkapnya.

Dijelaskanya, untuk antisipasi yang harus dilakukan masyarakat dalam musim hujan ini dapat melakukan 3M.

“Masyarakat harus melakukan Menguras, Menutup, Mengubur (3M) dan juga agar bisa menggunakan alat bantu lainya seperti Kelambu dan Autan agar nyambuk tidak menyerang tubuh kita,” jelasnya.

Ia juga menyarankan kepada Lurah dan Kepala Desa di Kabupaten Pali agar bisa mengajak masyarakatnya bergotongroyong membersihkan selokan dan lainnya.

“Agar nyamuk tidak bisa berkembangbiak, sebaiknya Lurah dan Kepala Desa dapat mengajak Masyarakat untuk bergotongroyong membersihkan lingkungan,” pintanya.

Dinas Kesehatan juga telah bekerjasama dengan layanan kesehatan utama, baik tingkat Desa maupun Kelurahan telah menyiapkan bubuk abate.

“Kita telah siapkan bubuk abate di setiap unit kesehatan di Kabupaten Pali, jika masyarakat membutuhkan dapat meminta di unit kesehatan terdekat, dengan gratis,” pungkasnya. (Do)

1,894 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

About admin

Check Also

Salah Satu Agen Gas LPG Di Tubaba Tidak Menjual Eceran Kemasyarakat Setempat

LAMPUNG1.COM, Tubaba – Salah satu agen tabung gas LPG melon 3kg di kelurahan Panaragan Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!