Sabtu , Maret 28 2020
Home / Ruwa Jurai / Ingin Tingkatkan Ekonomi, Petani Ini Budidaya Vanili

Ingin Tingkatkan Ekonomi, Petani Ini Budidaya Vanili

LAMPUNG1.COM, Tanggamus – Warga Pekon Sidomulyo Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus yang rata rata mayoritas bertani kebun dengan tanaman seperti kopi, lada, kakau, pisang untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian keluarga.

Namun demikian adapula yang mencoba membudidayakan tumbuhan menjalar yaitu Vanili yang nilai jualnya sangat menggiurkan. Dimana perkilogram buahnya mencapai hingga jutaan rupiah.

Vanili merupakan tumbuhan menjalar dengan nama ilmiah Vanilla planifolia dimana buah tumbuhan ini setelah diproses penghasil bubuk vanili yang biasa dijadikan pengharum makanan.

Turiman salah seorang warga dusun Sidorejo Pekon Sidomulyo mencoba membudidayakan tanaman vanili. Saat ditemui di lokasi kebun vanilinya, Sabtu (4/1/2020) Dia berharap dari budidaya tanaman yang ditekuninya saat ini dapat menginspirasi warga lain ataupun para pemuda untuk dapat mencintai dalam bertani untuk meningkatkan perekonomian.

“Saya akan mencoba membudidayakan vanili dengan harapan dapat berhasil, dan saya berharap para pemuda juga dapat mencintai profesi tani, karena saya yakin petani juga dapat sukses kalau kita telaten. Untuk masa panen sendiri sekitar dua tahun setengan sampai tiga tahun,”ujarnya.

Turiman juga berharap untuk budidaya vanili mendapatkan perhatian dari pemerintah. “Ya mudah-mudahan pemerintah dapat membantu dan memperhatikan budidaya vanili ini,” harapnya. (Adi)

About admin

Check Also

Tingkatkan Iman dan Silaturrahmi, Satgas TMMD Kodim Kudus Sholat Zuhur Berjamaah Dengan Warga Saat Istirahat

LAMPUNG1.COM, Kudus – Satgas TMMD Reguler. ke 107 Kodim 0722/Kudus melaksanakan Istirahat, sholat dan makan, …

One comment

  1. Aldi vanili talangpadang

    Mantappp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *