Sabtu , Maret 28 2020
Home / Peristiwa / Kepsek SDN 1 Tidak Tau Juknis Penggunaan Dana Bos

Kepsek SDN 1 Tidak Tau Juknis Penggunaan Dana Bos

LAMPUNG1.COM, Tubaba – Program dana BOS yang di gulir oleh pemerintah kesetiap sekolah untuk membantu siswa di ciderai oleh perilaku oknum kepsek SDN 1 Penumangan Baru.

Bagaimana tidak, penggunaan dana BOS yang sudah di atur dalam juknis justru di langgar oleh oknum tersebut dengan alasan tidak tahu, Juma’at (17/01/2020).

Padahal sudah jelas di dalam juknis permendikbud no. 8 tahun 2019 penggunaan dana BOS mencakup 13 komponen yang salah satu komponen nya adalah pengembangan perpustakaan maksimal 20% dari total penerimaan dana BOS per tahun.

Namun fakta yang terjadi penggunaan dana BOS untuk pengembangan perpustakaan di SDN 1 Penumangan Baru lebih dari 25% lebih, dengan rincian jumlah total dana BOS yang di terima tahun 2019 sebesar Rp. 232.800.000.

Seharusnya jika mengikuti juknis 20% maka dana bos yang di gunakan untuk pengembangan perpustakaan hanya sebesar Rp. 46.560.000.

Penggunaan dana pengembanganan perpustakaan yang sangat fantastis mencapai lebih dari 25% dari total dana BOS yang di terima menyebabkan penyerapan komponen yang lainya yang di atur di dalam juknis tidak bisa terpenuhi.

Hal lain yang patut dicurigai adalah pengadaan buku tersebut baik sistem pengadaan dan penyediaan tidak transparan.

Terpisah tokoh masyarakat, Iwan (50) menyayangkan pernyataan kepsek SDN 1 yang menyatakan tidak mengetahui juknis penggunaan dana BOS. Padahal juknis merupakan suatu acuan atau pedoman yang harus diikuti dalam penggunaan dana BOS agar tidak menyalahi aturan terang nya kembali.

Diharapkan pihak instansi terkait agar menindak lanjuti hal tersebut agar masalah yang sama tidak terulang. (slm)

About admin

Check Also

Tingkatkan Iman dan Silaturrahmi, Satgas TMMD Kodim Kudus Sholat Zuhur Berjamaah Dengan Warga Saat Istirahat

LAMPUNG1.COM, Kudus – Satgas TMMD Reguler. ke 107 Kodim 0722/Kudus melaksanakan Istirahat, sholat dan makan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *