Sabtu , Februari 22 2020
Home / Ruwa Jurai / Kota Metro / Soal Sembako Pasca Banjir, Andi Surya: Metro Perlu Program JAMKOLI

Soal Sembako Pasca Banjir, Andi Surya: Metro Perlu Program JAMKOLI

LAMPUNG1.COM, Metro – Diprediksi, Pasca banjir yang melanda saat pergantian malam tahun baru adalah persoalan kestabilan, ketersediaan dan harga Sembako di Metro. Sembako merupakan segmen penting dalam ketersediaan pangan terutama Pasca musibah tertentu di tengah masyarakat.

Ditemui di sela kunjungan meninjau lokasi Pasca banjir Metro, Andi Surya menyatakan, banyak faktor yang dapat mempengaruhi harga dan ketersediaan Sembako, “yang paling mengkhawatirkan adalah permainan spekulan dengan pendekatan suplai dan deman pada teori ekonomi”, Ujar Bacalon Walikota Metro ini.

“Spekulan pasar biasanya mengamati persoalan yang terjadi di tengah masyarakat dan seolah-olah membuat alasan untuk menaikkan harga, salah satunya banjir, bisa saja banjir menjadi kambing hitam harga naik dan barang kurang tersedia karena jalur distribusi terdistorsi”, Ujar pemilik UMITRA dan Global Surya Islamic School ini.

“Motif ekonomi untuk mendapatkan keuntungan bisa saja menabrak aturan pemerintah terkait Harga Eceran Tertinggi (HET) sembilan komoditas bahan pokok, yaitu; beras, jagung, kedelai, gula, minyak goreng, bawang merah, daging sapi, daging ayam ras, dan telur ayam ras‎”, Urai Andi Surya.

Andi Surya melanjutkan, Pemerintah harus mewaspadai gejala kenaikan harga dan ketersediaan Sembako dengan melakukan pengamatan pasar, tetapi pedagang yang bermental spekulan biasanya lebih ahli dalam soal beginian, Ujar Andi Surya sambil tertawa.

“Maka ke depan, dalam salah satu visi program saya adalah Jaminan Sembako Terkendali, atau yang saya sebut Program JAMKOLI”, Ujar Doktor Ilmu Ekonomi yang akan mencalonkan diri sebagai Walikota Metro ini.

“Program JAMKOLI (Jaminan Sembako Terkendali) tidak lain adalah tindakan preventif atas ulah pedagang spekulan dan upaya penetrasi pasar dengan analisis berdasar deteksi lapangan, tujuannya agar warga Metro terlindungi, harga Sembako tidak melebihi ketentuan Harga Eceran Tertinggi (HET) dan barang dijamin tersedia”, Sebut Andi Surya.

“ke depan, Program JAMKOLI akan memberdayakan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) yang terkait pasar dan perdagangan, disertai dengan pemberdayaan ahli ekonomi yang mampu mendeteksi persoalan ekonomi dan kestabilan Sembako secara khusus”, Tegas Andi Surya.

“JAMKOLI adalah obat penawar ekonomi pasar, agar warga Metro terlindungi dari pedagang spekulan sehingga Sembako stabil, dan tentunya berdampak pada suasana yang terbentuk selama ini bahwa Metro adalah kota yang ramah harga bagi para wisatawan”, Ujar Andi Surya tersenyum sambil menutup pembicaraan. (red)

1,403 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

About admin

Check Also

Riau Tuan Rumah Kongres Nasional JMSI Pada Juni Mendatang

LAMPUNG1.COM, Pekanbaru – Riau dipercaya sebagai tuan rumah Kongres Nasional Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!