Sabtu , Maret 28 2020
Home / Ruwa Jurai / Kota Bandar Lampung / Pusat Latihan Pertempuran (Puslatpur) Marinir 8 Teluk Ratai Kenalkan Korps Marinir Kepada Para Pelajar

Pusat Latihan Pertempuran (Puslatpur) Marinir 8 Teluk Ratai Kenalkan Korps Marinir Kepada Para Pelajar

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung – Dalam rangka program Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) yang diadakan TNI Angkatan Laut, Satuan Pusat Latihan Pertempuran (Puslatpur) Marinir 8 Teluk Ratai juga ikut ambil bagian,salah satunya dengan memperkenalkan Korps Marinir kepada pelajar di wilayah Kabupaten Pesawaran.

Sosialisasi kali ini dilaksanakan pada sekolahan SD sampai ke tingkat SMP, yaitu SDN 8 Padang Cermin yang berada di Desa Banjaran dan SLTPN 2 Pesawaran di Desa Hanura pada Senin (17/2/2020).

Anggota Puslatpur Marinir 8 Teluk Ratai yang saat ini dipimpin Letkol Marinir Data memperkenalkan Satuan Marinir TNI AL,mulai dari persyaratan masuk, bagian-bagian Satuan Marinir sampai ke pasukan khususnya. Tak lupa juga memperkenalakan pakaian dinas di lingkungan Korps Marinir yang langsung diperagakan oleh anggota Puslatpur.

Pakaian tersebut seperti Pakaian Dinas Upacara (PDU), Pakaian Dinas Latihan Tempur (PDLT), Pakaian Dinas Harian (PDH), dan Pakaian Dinas Lapangan (PDL) serta pakaian PDL kebanggaan khas Marinir.

Letkol Mar Data juga menjelaskan bahwa Puslatpur merupakan bagian dari Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar). Kolatmar sebagai Komando Pelaksana Korps Marinir yang berisi personel pelatih Marinir yang punya ciri khas pakai tali kur merah kuning.

“Saya memilih Binpotmar kali ini dengan Komsos supaya para pelajar mengenal lebih dekat Marinir dan memberi motivasi yang positif bagi pelajar sejak dini serta tentunya akan mengurangi kenakalan remaja di kemajuan media sosial sekarang ini,” ujar Letkol Data.

Dalam acara tersebut, anggota Puslatpurmar 8 juga memberikan pesan untuk para siswa supaya tidak suka tawuran dan tidak merokok, apalagi pemakai narkoba karena kunci utama jadi anggota Marinir harus sehat jasmani dan rohani.

Di sela-sela kegiatan, anggota Puslatpurmar 8 membuka tanya jawab,beberapa siswa memberikan pertanyaan, diantaranya soal kepangkatan, waktu penggunaan pakaian dinas, warna baret, hingga para pahlawan dari TNI Angkatan Laut.

Kegiatan juga diisi pemberian kuis kepada para siswa, yaitu siapa yang bisa menghafal 5 sila dari Pancasila. Mereka yang berhasil menjawab mendapat hadiah hiburan dari Komandan Puslatpur. Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama dengan para siswa, guru dan anggota Puslatpur Marinir 8 Teluk Ratai. (Red)

About admin

Check Also

Cegah Covid-19, Kodim Kudus Semprotkan Cairan Disinfektan Diruang Publik

LAMPUNG1.COM, Kudus – Guna mencegah meluasnya wabah virus Corona (Covid-19), Kodim 0722/Kudus melaksanakan gerakan aksi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *