Minggu , Mei 16 2021
Home / Nasional / Alat Tradisional Yang Setia Bantu Pekerjaan Satgas TMMD

Alat Tradisional Yang Setia Bantu Pekerjaan Satgas TMMD

LAMPUNG1.COM, PEKALONGAN – Saat membangun talud, salah satu sasaran pokok TMMD Reguler ke-107 Kodim 0710/Pekalongan di Desa Pantirejo, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, semua pelangsiran material dilakukan secara manual. Hal itu karena lokasi, sehingga jika menggunakan kendaraan justru tidak efektif.
”Karena lokasi pembangunan talud tidak memungkinkan, untuk langsir material yang efektif dengan cara manual, yakni dengan menggunakan gerobak kayu. Itupun pinjaman dari warga desa sasaran,” terang Babinsa Pantirejo, Sertu Sutrisno, Selasa (24/03/2020).
Adalah Prada Ruslan, salah satu anggota Satgas TMMD Kodim Pekalongan yang dari Batalyon Infanteri 405 Surya Kusuma, Wangon, Banyumas. Anggota Satgas ini seolah akrab dengan alat tradisional pinjaman dari warga Pantirejo.
”Awalnya juga canggung, bahkan kesulitan saat mengendalikan gerobak kayu untuk melangsir berbagai material di pembangunan talud. Hanya saja, butuh penyesuaian satu hari, akhirnya teratasi. Gerobak kayu pasti nurut dan tidak pernah protes saat saya gunakan untuk melangsir, batu maupun semen,” tutur Prada Ruslan, saat melangsir sejumlah semen di pembagian talud di Dukuh Jlubang, Desa Pantirejo. (Red)

About admin

Check Also

H+3 Lebaran, Walikota Pimpin Operasi Yustisi Di Kota Metro

LAMPUNG1.COM, Pemerintah Kota Metro, menggelar Operasi Yustisi, di kawasan-kawasan yang biasa digunakan warga masyarakat untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *