Senin , Mei 10 2021
Home / Nasional / Begini Sejarah Sendang Kahuripan di Desa Sasaran TMMD 107 Kodim Kudus

Begini Sejarah Sendang Kahuripan di Desa Sasaran TMMD 107 Kodim Kudus

LAMPUNG1.COM, Kudus – Masyarakat Dukuh Mudal Rejo Desa Kedungsari mempunyai tradisi selamatan setahun sekali di Sendang Kahuripan (Kolam Kehidupan), Minggu (22/3/2020).

Bertempat di Dukuh Mudal Rejo lokasi 200m dari Satgas TMMD Kodim 0722/Kudus yang sedang melaksanakan bedah Rumah bapak Sulkan, terdapat Petilasan atau sejarah Dukuh Mudal Rejo.

“Beliau adalah tokoh penyebar Agama Islam, Hasan wira’i menurut Cerita Kepala Desa Kedungsari “bapak Sukoyo bersama bapak suparman yang juga juru kunci “Hasan Wira’i dari Rembang, beliau putra Kyai Abdurahman Rembang yang menyebarkan Agama Islam sampai ke Dukuh Mudal Rejo,” ucap bapak Sukoyo di sela-sela memberi penjelasan kepada masyarakat Pecinta Alam.

BACA JUGA:  TMMD 110 Bojonegoro, Satgas Pasang Umbul-Umbul di Desa Ngrancang

“Kolam airnya ada dua dari sumbernya tidak pernah kering walau musim kemarau, sumber kolam yang satu kini airnya digunakan masyarakat Dukuh Talun untuk mencuci, yang satunya dipelihara bisa buat minum karena airnya dari sumber alam,” jelasnya.

Menurut cerita masyarakat Dukuh Mudal Rejo, pernah ada masyarakat Dukuh Mudal Rejo yang menderita sakit, berbagai obat telah dicoba namun tak kunjung sembuh akhirnya mendapat perintah dari “Kyai Haji Asnawi Kudus, untuk mengadakan selamatan di Sendang Kahuripan (Kolam Kehidupan) Tempat Petilasan Hasan Wira’i dan masyarakat yang sakit tadi bisa sembuh, saat itu masyarakat dukuh Mudal Rejo mengadakan selamatan di Sendang Kahuripan setiap setahun Sekali mendekati bulan puasa. (Red)

About admin

Check Also

4 Marga 1 Sumbai Dukung Aturan Adat Dijadikan Perda

LAMPUNG1.COM,Lampung Utara DL – Empat marga dan satu sumbai di Kabupaten Lampung Utara berencana akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *