Minggu , Mei 9 2021
Home / Nasional / Kodim Pekalongan Gelar Pelatihan Membuat Hand Sanitizer

Kodim Pekalongan Gelar Pelatihan Membuat Hand Sanitizer

LAMPUNG1.COM, PEKALONGAN – Tindakan antisipasi yang kreatif dilakukan oleh Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, dalam rangka ambil peran cegah penyebaran virus Corona di wilayah Pekalongan dan sekitarnya, Senin (23/03/2020).

Yakni, disela-sela kesibukannya menyusul saat ini tengah menggelar TMMD Reguler ke-107 Kodim -0710/Pekalongan di Desa Pantirejo, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Dandim Arfan Johan, mengadakan pelatihan pembuatan Hand Sanitizer kepada para Babinsa se -jajaran Kodim Pekalongan, berikut juga perwakilan Satgas TMMD yang sedang bertugas di lokasi TMMD.

Pelatihan yang berlangsung di halaman Makodim setempat itu, dengan pelatih dari Personil Kodim Pekalongan, yakni Pasilog, Kapten Inf. Tarsono, diikuti oleh perwakilan Babinsa se Kodim Pekalongan, sejumlah perwakilan Satgas TMMD Pantirejo.

BACA JUGA:  Anggota Satgas TMMD Bojonegoro Berikan Sambutan Anggota Linmas dan Masyarakat

Dijelaskan Dandim Arfan, pelatihan pembuatan Hand Sanitizer bagi Babinsa dan sejumlah Perwira Seksi di lingkungan Kodim Pekalongan itu, dimaksudkan sebagai upaya untuk mensosialisasikan cara membuat hand sanitizer secara mandiri.

”Harapannya, seluruh Babinsa bisa membuat hand sanitizer sendiri, dengan tujuan bisa berperan mencegah penyebaran virus Corona, baik di lingkungan TNI maupun di masyarakat umum. Terpenting ilmu membuat hand sanitizer itu segera disebarluaskan ke masyarakat umum,” tandas Dandim Arfan Johan.

Dikatakan, di saat ini, dimana ancaman virus Corona cukup serius dan meresahkan masyarakat, seluruh prajurit paham bagaimana cara membuat hand sanitizer sendiri. ”Para prajurit bisa mengerti dan bisa ikut berperan dalam mencegah penyebaran virus corona, dimulai  dari keluarga sendiri dan disebarluaskan ke masyarakat.”

BACA JUGA:  Dewi Handajani Lantik Ratusan Pejabat Tanggamus

Bahan Tersedia

Saat memberi pelatihan,  Pasilog Kodim Pekalongan, Kapten Inf. Tarsono mengatakan, bahan-bahan untuk membuat hand sanitizer secara mandiri itu tersedia dan mudah didapat. Yakni, Benzalkonium chloride, dicampur air bersih dan ditambahkan pewangi. Sehingga sebenarnya setiap orang bisa membuatnya sendiri.

Setelah pelatihan diberikan, saat itu juga dilakukan praktek cara menggunakan hand sanitizer yang benar, baik waktu dan praktek penggunaannya.

BACA JUGA:  Satgas TMMD Bojonegoro Bersama Disnakkan Diskusi Pembinaan Kelompok Peternak

Dandim Arfan Johan menambahkan, seusai pelatihan untuk anggota Satgas TMMD diminta segera menyebarkan ilmu barunya itu, ke seluruh warga desa sasaran TMMD, yakni warga Desa Pantirejo. Bahkan kalau perlu, di kegiatan non fisik TMMD, secara khusus diadakan pelatihan tersebut ke semua warga sasaran TMMD.

Kepada para prajurit di lingkungan Kodim Pekalongan, Dandim arfan berpesan, agar  bisa menjaga keluarga dan dirinya sendiri dari virus corona. Selain itu juga bisa menyebarluaskan ilmu yang didapat ke masyarakat luas. ”Jaga pola hidup bersih, kurangi  kegiatan berinteraksi dengan orang banyak, untuk sementara.  (Red)

About admin

Check Also

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H Kapolres Labuhanbatu Monitoring Kesedian Dan Harga Bahan Pokok

LABUHANBATU, Lampung1.com – Untuk mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan bahan pokok menjelang datangnya hari Hari Raya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *