Jumat , Desember 3 2021
Home / Nasional / Dapur Umum Didirikan Akibat Dampak Covid 19

Dapur Umum Didirikan Akibat Dampak Covid 19

LAMPUNG1.COM, Cilacap – Setelah warga Desa Gombolharjo Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap ada yang dinyatakan positif Covid-19 oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, yang sebelumnya sudah melalui pemeriksaan rapid test dan saat ini telah menjalani perawatan di RSUD Cilacap.

Kondisi ini tentu membuat kekhawatiran pemerintahan desa setempat. Guna mengatasi kondisi ini, Kepala Desa Gombolharjo Wagiyo Astoto bersama Babinsa Koramil 08/Adipala Serda Agus HP dan tokoh masyarakat desa setempat berinisiatif mendirikan dapur umum untuk membantu warga RT 5 RW 1 Dusun Cibolang Desa Gombolharjo karena wilayah tersebut diterapkan lock down guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

BACA JUGA:  Gotong Rumah Bersama, Menjadi Perhatian Menarik Pada TMMD Kodim Bojonegoro

” Tujuan pendirian dapur umum ini adalah untuk membantu warga akibat RT nya diterapkan lock down dan lokasi dapur umum ini didirikan di dusun Cibolang Desa Gombolharjo tepatnya dekat dengan warga yang terpapar Covid 19. Ini kita lakukan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 ke wilayah lainnya, ” kata Serda Agus HP, Rabu (22/4/20).

Dijelaskan pula oleh Babinsa, dapur umum yang dibuka ini berkat koordinasi semua Pihak. Untuk anggaran dari pemerintah desa dan juga sumbangan masyarakat. Dalam pelaksanaannya ditugaskan 10 orang untuk memasak karena ada sekitar 25 KK atau 90 orang yang harus diberi makan baik pagi, siang dan malam tiap harinya.

BACA JUGA:  Muchlisin Berharap Hubungan Baik Antara Warga dan TNI Tetap Terjaga

” Kita siapkan 10 orang yang ditugaskan untuk memasak untuk mencukupi kebutuhan makan warga RT 05 RW 01. Baik warga yang nampu maupun tidak mampu mendapat jatah yang sama karena mereka tidak boleh keluar rumah karena harus menjalani isolasi mandiri,” Jelasnya lebih lanjut.

Untuk teknisnya, pemberian makanan ini diberikan door to door oleh dua orang petugas dari masyarakat yang telah disiapkan dengan menggunakan APD yang ada. Adapun waktu pengantaran makanan, makan pagi pada pukul 09.00 wib, makan siang pukul 12.30 wib dan untuk makan sore atau malam pada pukul 16.00 wib. Dapur umum ini juga mendapat bantuan sembako dari PMI Kabupaten Cilacap berupa Beras, Sarimi, Gula Pasir dan Minyak Goreng.

BACA JUGA:  Pipanisasi Tingkatkan Hasil Pertanian Desa Tebluru

(red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Bupati Lamsel Gulirkan Program Bedah Rumah Tidak Layak Huni

LAMPUNG1.COM, Lampung Selatan –  H. Nanang Ermanto kembali menggulirkan program bedah rumah untuk rumah tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PEMBANGUNAN DESA SUKAJAYA LEMPASING