Rabu , Januari 26 2022
Home / Nasional / Keren! Prasasti TMMD Dijadikan Spot Swafoto Warga

Keren! Prasasti TMMD Dijadikan Spot Swafoto Warga

LAMPUNG1.COM, BANGGAI— Bagi anda yang berkunjung di Desa Argakencana, Kecamatan Moilong, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah pasti akan menyesal bila tidak berkunjung dan berswafoto di tempat ini. Letaknya di tepi jalan, sangat mudah ditemukan saat melintasi Desa Argakencana.

Tempat yang direkomendasi tersebut adalah Taman Mini “Argakencana” Prasasti TMMD. Sesuai dengan nama tamannya, lokasinya tepat berada di Dusun 2, Desa Argakencana.

Taman ini merupakan buah tangan manis dari anggota Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 107 Kodim 1308 Luwuk Banggai yang menjalani tugas operasi selain perang, yakni melakukan pembangunan di Desa Argakencana.

BACA JUGA:  Farizal Kembali Mangkir Dalam Pemeriksaan Penyidik

Bukan hanya spotnya yang menarik, taman mini juga memiliki nilai historis yang cukup memberikan edukasi kepada masyarakat. Terutama soal gotong royong dan lingkungan.

Sebab, sebuah tulisan “Argakencana” berwarna merah putih berbanjar tersebut terbuat dari limbah botol plastik yang dipungut di jalan-jalan desa yang berserakan, lalu dirakit sehingga bisa bertuliskan “Argakencana”.

Tak hanya itu, pembuatan taman ini juga melibatkan semua pihak. Mulai dari personel Satgas yang terdiri dari TNI-Polri, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, bahkan hingga anak-anak pun ikut memberikan sumbangsih tenaga dan pikiran agar taman ini terlihat indah. Semua itu dilakukan dengan konsep gotong royong yang merupakan budaya leluhur bangsa ini.

BACA JUGA:  Persit Luwuk Buat Face Shield untuk Tenaga Medis Desa

Dalam proses pembuatan taman ini, masyarakat diberikan edukasi tentang lingkungan dan ekonomi kreatif. Bahwa masyarakat tidak boleh membuang sampah sembarangan, apalagi di sungai karena bisa memicu terjadinya bencana banjir, serta limbah-limbah seperti botol plastik tersebut bisa diolah atau didaur ulang yang bisa memiliki nilai jual seperti hiasan rumah dan lainnya.

“Kami buat taman ini secara gotong royong oleh masyarakat dan personel Satgas TMMD. Dan sebagian dari taman yang indah ini bahan bakunya dari limbah botol plastik. Seperti tulisan “Argakencana” itu terbuat dari limbah botol,” tutur Komandan Satuan Setingkat Kompi (SSK) Kapten Herman B, Jumat (10/4/2020).

BACA JUGA:  Anggota Satgas TMMD 110 Kodim 1206/PSB Bantu Jemur Padi Warga

Dia menyatakan, pembuatan taman prasasti TMMD di Desa Argakencana tersebut sudah rampung dan masyarakat bisa menikmatinya. Bukan hanya masyarakat Argakencana, tetapi masyarakat Kabupaten Banggai secara umum. Bahkan masyarakat yang dari luar daerah sekalipun.

“Taman ini direkomendasikan sebagai tempat swafoto bila berkunjung ke Desa Argakencana, terutama bagi kaum milenial,” ucapnya tersenyum. (red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Gubernur Arinal : Pembangunan Harus Mengacu RPJMD

LAMPUNG1.COM,Bandar Lampung— Pelaksanaan Pembangunan harus mengacu kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) agar dapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *