Jumat , September 17 2021
Home / Nasional / Penataan LPB Memadai, Demi Hasil Jalan TMMD Yang Memadai

Penataan LPB Memadai, Demi Hasil Jalan TMMD Yang Memadai

LAMPUNG1.COM, PEKALONGAN –  Sama dengan yang dilakukan saat membangun jalan di dukuhan lainnya di Desa Pantirejo, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, melalui kegiatan TMMD Reguler ke-107 Kodim 0710/Pekalongan. Yakni penyediaan atau penataan Lapisan Pondasi Bawah (LPB) yang mumpuni demi menghasilkan karya jalan TMMD yang berkualitas.

Di hari ke-10 pelaksanaan TMMD, Sabtu (4/4/2020), pembangunan jalan TMMD sudah sampai di Dukuh Pepedan. Sejumlah anggota Satgas TMMD dan warga, berikut petugas ahli pengaspalan jalan, terus mempersiapkan LPB. Hal itu dilakukan, supaya kualitas jalan yang dihasilkan nanti bagus.

BACA JUGA:  Pemkab Pringsewu Beri Hibah Sejumlah Rumah Ibadah

”Penataan LPB ini penting untuk keawetan jalan. Misalnya, sebelum diaspal, bahkan sebelum batu ditata, kondisi tanah akan dipersiapkan. Misalnya ada tanah yang lembek perlu diisi batu yang jenis keras, termasuk jika kondisi jalan belum rata, juga perlu diratakan,” jelas Sugeng, salah seorang petugas pengaspalan jalan.

Menurutnya, penataan LPB itu, selain berfungsi agar pemakaian material tidak boros, fungsi utamanya demi kualitas jalan. ”Jika kondisi jalan yang akan diaspal lembek dibiarkan saja, nantinya setelah jalan jadi tidak akan awet. Hanya beberapa minggu saja, di jalan yang LPB nya lembek dipastikan akan mudah rusak,” tambah Sugeng.

BACA JUGA:  Puja Kusuma Gelar Kuda Kepang 480 Grup di 3 Kabupaten

Terpisah, Babinsa Pantirejo, Sertu Sutrisno,  menjelaskan, dengan pembangunan jalan yang sudah memasuki Dukuh Pepedan itu, berarti merupakan etape terakhir dalam pengaspalan jalan melalui TMMD Kodim Pekalongan. ”Lagi-lagi saya berharap, semoga hujan tidak sering turun di lokasi TMMD, supaya kualitas jalan yang dihasilkan akan bagus,” harapnya. (red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Polres Lampung Utara Gelar Ujian Kesamaptaan Jasmani dan Beladiri Polri Berkala Periode II Tahun 2021

LAMPUNG1.COM,Lampung Utara – Polres Lampung Utara menggelar Ujian Kesamaptaan Jasmani dan Beladiri Polri Berkala Periode …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *