Minggu , November 28 2021
Home / Nasional / Satgas TMMD Gelar Penyuluhan FKDM di Samalore

Satgas TMMD Gelar Penyuluhan FKDM di Samalore

LAMPUNG1.COM, BANGGAI— Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 107 Kodim 1308 Luwuk Banggai menggelar penyuluhan berupa fasilitas dan pemberdayaan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di Balai Desa Samalore, Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai, Jumat (10/4/2020).

Komandan Satuan Setingkat Kompi (SSK) Kapten Herman B, menjelaskan, penyuluhan yang merupakan program nonfisik tersebut bertujuan untuk mencegah dan mendeteksi dini terhadap konflik sosial seperti gangguan, tindakan, ancaman, keamanan, peristiwa atau bencana di tiap desa.

BACA JUGA:  Sat POM Lanud Pangeran M. Bun Yamin Dalami Kecelakaan Penggunaan Senpi

FKDM ini dibentuk lanjut dia, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 tahun 2006 tentang Kewaspadaan Dini Masyarakat di Daerah.

“FKDM dibentuk dengan tujuan untuk membantu instrumen negara dalam menyelenggarakan urusan keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat melalui upaya deteksi dini terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana,” jelasnya.

Apalagi kata Kapten Herman, wilayah Samalore dan sekitarnya pernah dilanda bencana banjir bandang pada 2019 silam. Olehnya itu, FKDM ini sangat penting diketahui oleh masyarakat.

BACA JUGA:  HUT Ke-80, Kota Metro, Makin Terlihat Seksi

“Harus diketahui agar bisa membantu aparat pemerintah. Sebab, di saat ada sebuah peristiwa, pasti yang mengetahui terlebih dahulu adalah masyarakat setempat. Sehingga waspada dini masyarakat penting agar bisa sesegera mungkin melaporkan kepada aparat terdekat,” terang Kapten Herman. (red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Jaring Atlit Muda, BMI Pesawaran Support Liga U-11 dan Liga U-13 To Palembang

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Banteng Muda Indonesia (BMI) Kabupaten Pesawaran mendukung liga kategori U-11 dan U-13 Dream to …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PEMBANGUNAN DESA SUKAJAYA LEMPASING