Minggu , November 28 2021
Home / Kesehatan / Serius Tangani Covid-19, Camat Teluk Pandan Bantu Masker dan Sabun Cuci Tangan

Serius Tangani Covid-19, Camat Teluk Pandan Bantu Masker dan Sabun Cuci Tangan

LAMPUNG1.COM, Pesawaran – Pemerintah Kabupaten Pesawaran serius tangani covid-19 di sejumlah wilayah, meski masalah bersama berbagai upaya telah dilakukan seperti halnya di Kecamatan Teluk Pandan.

“Penyemprotan disinfektan hingga pembagian masker dan sabun cuci tangan terus mengalir ke masyarakat pedesaan termasuk di wilayah kecamatan Teluk Pandan,” ujar Zulkifli Nuh saat menyerahkan bantuan pribadinya kepada Pemdes Hurun di Posko Covid-19, Selasa (21/04/2020).

Menurutnya, Pak Bupati sangat serius terhadap penanganan covid-19 ini karena tak ingin warganya terpapar masalah wabah ini, tinggal kesadaran masyarakatnya, terutama dari pihak kecamatan bersama pemerintah desa terus bersatu melawan covid-19 ini.

” Kami dari pihak kecamatan bersama 10 pemerintah desa dan pihak terkait yang bersatu melawan covid-19 ini agar tak meluas di wilayah kami,” ujar Minak Zul sapaan akrabnya.

Meski demikian, sambung Minak Zul, pihaknya bekerja tidak sendiri bersama 10 desa dan pihak terkait dalam satu koordinasi dibawah Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGPP) Covid-19 Kabupaten Pesawaran.

” Maka kami selalu koordinasi dan memonitoring penanganan covid-19 di wilayah Teluk Pandan, terutama di Posko-Posko Gugus Covid-19 yang tersebar di pedesaan,” kata dia.

BACA JUGA:  Paslon Kada Tanggamus Akan Berikan Hak Suaranya

Tidak itu saja, lanjut Zul, Pak Bupati juga telah memberikan bantuan untuk keluarga korban covid-19 di Perum Waway Desa Sukajaya Lempasing setelah satu harinya. Namun itu juga bagi warga Teluk Pandan telah diberikan masker dan sabun cuci tangan gratis dari Pak Bupati.

” Ditambah ratusan masker dan sabun cuci pada hari ini bantuan dari saya pribadi (Zul, red) untuk masyarakat di 10 desa yang diawali pemdes Batumenyan, Gebang, Hurun, Sidodadi, Muncak, Desa Sukajaya Lempasing,” jelasnya.

Untuk itu, masih menurut Zul, dalam penanganan covid-19 di wilayah Kecamatan Teluk Pandan ini tentunya hampir seluruh desa membuat satu akses pintu jalan.

” Ya, semua desa membuat satu pintu akses jalan menuju desanya masing-masing karena tak ingin tamu yang datang ke desa mereka (10 Desa,red) membawa covid-19, apalagi di bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi,” ungkapnya.

Terutama di jalan Desa Hanura, sambung Minak Zul, itu ada Pos Terpadu dari Kabupaten dan Posko Gugus Desa Hanura untuk memantau tamu/pemudik yang datang dari luar daerah/provinsi.

BACA JUGA:  Target 2021, PTSL Di Pesawaran Dapat Tambahan Kouta 3000 Bidang Tanah

“Dimana saat ini tamu yang datang ke Teluk Pandan tercatat hampir seribu orang dan hasilnya negatif, tapi ada satu ODP di Desa Talangmulya dan satunya Desa Batumenyan sudah dilakukan isolasi mandiri,” pungkasnya.

Lebih dari itu, ujar Minak Zul menambahkan, pihak Pemkab Pesawaran mendapat bantuan penyemprotan disfektan dari PMI Provinsi Lampung, meski telah dilakukan di 10 desa di Kecamatan Teluk Pandan.

“Penyemprotan disinfektan ini kembali dilakukan sepanjang jalan Wayratai-Teluk Pandan yang diawali dari Desa Sukajaya Lempasing-Desa Gebang, selanjutnya akan dilakukan ke kecamatan lainnya di Kabupaten Pesawaran,” tutup Camat Teluk Pandan.

Sementara itu, Kades Hurun, Aminudin mengungkapkan, pihaknya sangat berterima kasih dan apresiasi atas bantuan yang telah diberikan Pak Camat Zulkifli Nuh.

” Masker dan sabun cuci tangan ini untuk masyarakat di wilayahnya, meski sebelumnya telah diberikan Pak Bupati Dendi, kembali secara pribadi bantuan datang dari Pak Camat Teluk Pandan,” ujar Aminudin.

BACA JUGA:  Dua Anggota TNI Ganteng Idola Anak – Anak dI TMMD

Menurutnya, bantuan yang diberikan Pak Camat Zulkifli ini tentu sekali niat baiknya diterima danad bermanfaat bagi masyarakat.

“Semoga bantuan yang diberikan Pak Camat bisa bermanfaat bagi kita semua untuk menerapkan pola hidup disiplin dan wajib menggunakan masker dan rajin mencuci tangan ditengah pendemi covid-19,” ucap Kades Hurun.

Terpisah, Sekdes Sidodadi Sukmajaya menyampaikan pihaknya membuat satu pintu akses jalan desa (Portal Jalan,red) untuk mengantisipasi berbagai hal ditengah pendemi covid-19.

“Akses satu pintu jalan keluar masuk bagi warga/tamu yang datang ke desa dapat terpantau, setidaknya ada 6 portal,” ujar Ketua Tim Gugus Covid-19 Desa Sidodadi.

Meski begitu, sambung Iwan sapaan akrabnya, mengakui hal ini tidak saja dilakukan di desa Sidodadi.

“Tentunya hal tersebut juga dilakukan desa-desa lainnya, apalagi dihadapkan bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri, pasti ada saja yang datang, maka kami ketat pengawasan, bila ada gejala langsung koordinasi ke tim gugus kecamatan, dan kabupaten,” pungkasnya. (Red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Jaring Atlit Muda, BMI Pesawaran Support Liga U-11 dan Liga U-13 To Palembang

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Banteng Muda Indonesia (BMI) Kabupaten Pesawaran mendukung liga kategori U-11 dan U-13 Dream to …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PEMBANGUNAN DESA SUKAJAYA LEMPASING