Sabtu , Januari 9 2021
Home / Nasional / Sosialisasi Pemanfaatan Tanaman Pekarangan, Satgas Bersama Penyuluh Pertanian di Samalore

Sosialisasi Pemanfaatan Tanaman Pekarangan, Satgas Bersama Penyuluh Pertanian di Samalore

LAMPUNG1.COM, BANGGAI – Personil Satuan Tugas (Satgas), TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), bersama penyuluh pertanian dor to dor, melakukan penyuluhan pertanian kerrumah rumah warga. Penyuluhan pertanian itu untuk memberikan kesibukan ke warga yang melakukan karantina mandiri di rumah.

Pasiter Kodim 1308 Luwuk Banggai, Kapten Inf Ardiansyah mengatakan, sosialisasi pertanian ini mengajak masyarakat untuk memanfaatkan halaman pekarangan rumah dibuat dan di tata sebagai mana bagusnya agar dapat di tanami dengan tanaman seperti merica, bawang, tomat dan lain lain. Sosialisasi ini juga bertujuan untuk mengurangi kejenuhan warga yang melakukan karantina mandiri dalam rangka pencegahan penyebaran Virus Covid 19.
“ Ada manfaat tersendiri bagi warga yang memiliki minta dan kesibukan lain, seperti menanam di pekarangan, baik dengan cara budidaya hidroponik atau budi daya seperti yang dilakukan oleh petani di kebun, jangan juga setelah pemerintah instruksikan mengurun diri dirumah lantas di dalam kamar terus, kita harus menncari kesibukan agar kita tidak jenuh ” tandasnya.

Sementara itu Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Moilong, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Banggai, DJoko menyampaikan, sosialisasi ini guna mengajak masyarakat agar dapat mengembangkan tanaman di pekarangan rumah. Hal ini juga sesuai dengan intsruksi pemerintah dalam pengembaangan tanaman melalui pemanfaatan pekarangan rumah untuk di tanami.
“Karena melihat kondisi warga di Desa Salamalore masih jarang pemanfaatan pekarangan sehingga kami bersama TNI Satgas TMMD 107 melakukan sosialisasi ke warga” cetus Djoko

Djoko mengatakan, sesuai dengan program Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai, untuk pemanafaatan tanaman pekarangan terdapat Empat jenis tanaman yakni Tanaman Bawang, Rica Tomat (Barito).

“untuk cara pengambanganya terserah dari pemiliknya, apakah menggunakan Polibek atau di tanam denganc ara menggemburkan tanah, atau cara budidaya hidroponik, dippersilahkan, asalkan pekarangan itu dapat di manfaatkan dengan sebaik mungkin” ujarnya. (red)

About admin

Check Also

Basarnas Lampung Bantu Pelaksanaan Operasi SAR Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ182

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung – Basarnas Lampung Bantu Pelaksanaan Operasi SAR jatuhnya pesawat Sriwijaya SJ182 pada Sabtu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *