Minggu , Juni 20 2021
Home / Nasional / Gula Kristal, Oleh-olehnya Desa Wisata Petahunan Diangkat Lagi Melalui Publikasi TMMD Banyumas

Gula Kristal, Oleh-olehnya Desa Wisata Petahunan Diangkat Lagi Melalui Publikasi TMMD Banyumas

LAMPUNG1.COM, Banyumas – Gula kristal yang merupakan salah satu oleh-oleh khas Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, perajin terbanyak terdapat di wilayah Kecamatan Pekuncen, yaitu Desa Semedo. Namun di lokasi TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas, perajinnya juga cukup banyak tetapi masih menggunakan cara sederhana turun temurun.

Seperti salah satunya adalah Jumirah (25), warga Desa Petahunan RT. 05 RW. 03, masih menggunakan wajan besar untuk merebus nira kelapa selama 4 jam dalam wajan dengan suhu mencapai 120 derajat celcius.

BACA JUGA:  Sofi'i Ashari Terpilih Ketua KONI Tulang Bawang

Pengadukan di dalam wajan dilakukan dengan gerakan memutar sehingga kekentalan gula merata di setiap sisi wajan dan mulai mengkristal. Selanjutnya, gula yang sudah mengeras ini dihaluskan dengan menggunakan batok kelapa dengan istilah di guyer atau digerus.

Serka Joko, salah satu anggota Satgas TMMD Reguler yang membantu publikasi TMMD mengatakan, jika para perajin dari desa wisata yaitu Desa Petahunan, melakukan pengemasan dengan lebih menarik, tentu ke depan akan terkenal seperti di Desa Semedo.

BACA JUGA:  Dandim 0807/Tulungagung Sambangi Kantor Desa Ngepoh Lakukan Koordinasi

“Dengan dibangunnya jalan TMMD Reguler menuju Obyek Wisata Curug Nangga sekaligus bisa menjadi akses ke Curug Rinjing, Curug Pengantin dan Tuk Pengasinan, Makam Eyang Gusti Aji dan Petilasan Ki Ajar Wirangrong, secara otomatis gula kristal akan menjadi oleh-oleh wisatawan,” ungkapnya.

Di pasaran, harga gula kristal asli (belum dicampur rempah-rempah) berkisar Rp. 30 ribu per kilogramnya.

“Dari perajin langsung, gula ini harganya antara Rp.17.500 sampai Rp. 18 ribu per kilonya, dan masing-masing petani biasanya mampu memproduksi 4 kilogram per hari,” tandasnya menjelaskan.

BACA JUGA:  Motor Satpol PP Di Lampung Timur, Hilang Di Kantor Camat

Untuk diketahui, gula kristal mampu bertahan hingga dua tahun tanpa mengalami perubahan warna dan rasa, jika disimpan dengan baik. Ini karena kadar air yang terkandung hanya 2-3 persen. (Aan)

About admin

Check Also

Kompi 2B Laksanakan Patroli C3

LAMPUNG1.COM -Satu regu patroli kompi 2b pelopor melaksanakan giat patroli C3. Satu regu patroli di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *