Jumat , September 17 2021
Home / Nasional / Lokawisata Bukit Watu Kumpul Petahunan Banyumas, Belum Dibuka Untuk Umum

Lokawisata Bukit Watu Kumpul Petahunan Banyumas, Belum Dibuka Untuk Umum

LAMPUNG1.COM, Banyumas – Publikasi besar-besaran dari TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas yang juga mengangkat aspek pariwisata di desa wisata yaitu Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mulai menarik minat wisatawan luar daerah untuk datang berkunjung, walaupun belum dibuka untuk umum.

Sejumlah muda-mudi mulai memanfaatkan keindahan dan ketenangan alam Watu Kumpul untuk memadu kasih dalam artian positif.

Dibenarkan Sekdes atau Carik Petahunan, Sukmono (37), bahwa para pemilik warung yang berada di Watu Kumpul juga belum memulai usahanya untuk menjajakan makanan dan minuman kepada para pengunjung.

BACA JUGA:  Parno Semangat Bantu Sertu Risplianto dalam Pelaksanaan TMMD 106

“Ini merupakan komitmen Pokdarwis Desa Petahunan dalam upaya mendukung kebijakan Pemda terkait sosial distancing,” ujarnya, Rabu (15/7/2020).

Sukmono juga menyatakan belum tahu pasti kebijakan itu sampai kapan, karena sampai hari ini belum ada surat edaran resmi atau instruksi dari Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein.

“Kami dan seluruh orang tentunya berdoa dan berharap wabah pandemi segera berakhir sehingga sejumlah warga kami yang bergantung dari sektor pariwisata dapat segera memulihkan ekonomi keluarganya,” tandasnya.

BACA JUGA:  Asupan Jamu Tradisonal Untuk Memulihkan Tenaga

Tak lupa dirinya mengucapkan terima kasih kepada Pemda dan TNI, yang sedang membangun infrastruktur di desanya, yaitu jalan beton sepanjang 1,8 kilometer dan lebar 3,75 meter, melalui TMMD Reguler 108.

Pasalnya, jalan tersebut sangat vital bagi para petani untuk mengakut hasil bumi kerana jalan dulunya setapak. Jalan itu juga akan menjadi jalan kendaraan bermotor untuk menjangkau langsung Obyek Wisata Curug Nangga (air terjun bertingkat tujuh) yang berada di ujung jalan beton, serta sejumlah potensi wisata lainnya yang masih terpendam.

BACA JUGA:  Terus Mengena di Hati Warga Sasaran TMMD, Kepedulian TNI di HUT TNI ke -75

“Kedepan setelah TMMD, pihak desa akan segera mencari terobosan untuk memaksimalkan potensi obyek wisata lainnya yang berada di sekitar jalan TMMD. Yang pasti adalah peningkatan jalan menuju sejummlah obyek wisata itu dulu,” pungkas Sukmono.

Untuk diketahui, selain Curug Nangga, jalan beton TMMD Reguler Banyumas juga merupakan jalan terdekat untuk koneksi ke Obyek Wisata Curug Rinjing, Curug Pengantin, Tuk Pengasinan, Makam Eyang Gusti Aji, dan juga petilasan pertapaan Ki Ajar Wirangrong. (Aan)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Polres Lampung Utara Gelar Ujian Kesamaptaan Jasmani dan Beladiri Polri Berkala Periode II Tahun 2021

LAMPUNG1.COM,Lampung Utara – Polres Lampung Utara menggelar Ujian Kesamaptaan Jasmani dan Beladiri Polri Berkala Periode …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *