Rabu , Januari 26 2022
Home / Nasional / Totalitas Prajurit Penerangan Kodim Banyumas di TMMD Reguler

Totalitas Prajurit Penerangan Kodim Banyumas di TMMD Reguler

LAMPUNG1.COM, Banyumas – Adalah Serma Fatkhurrohman, Babinsa Pancurendang, Koramil 13 Ajibarang, yang sedang melakoni peran serabutan saat satuan induknya yaitu Kodim 0701 Banyumas, menggelar pembangunan skala besar di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melalui TMMD Reguler 108 Banyumas.

Selain harus membina desanya yaitu Pancurendang, saat ini dirinya mengemban tugas menutup celah di lapangan dari Tim Penerangan Kodim Banyumas, yang sedang sibuk memberitakan segala kegiatan terkait TMMD tersebut.

Sebagai jurnalis lapangan dadakan, Fatkhurrohman terus belajar menggali segala aspek di desa sasaran TMMD.

Disampaikan Kepala Penerangan Kodim Banyumas, Letda Armed Sukirno, bahwa tim jurnalis lapangan yang dibentuknya sejak mulai Pra TMMD (15/6), membantu pihaknya yang sedang fokus rilis berita, editing, membagi berita kepada rekan-rekan media, dan juga publish berita, di Kantor Penerangan Kodim Banyumas.

BACA JUGA:  Kunjungi Cilacap, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 071 Sambangi Rajasa Mas Batik dan Taman Anggrek

“Untuk membantu tugas kami di lapangan, saya telah membentuk tim jurnalis dadakan selama pelaksanaan TMMD Reguler ini untuk menutup celah,” ujarnya di sela-sela hunting berita di Petahunan, Selasa (7/7/2020).

Menurutnya, yang namanya tim bentukan yang sifatnya dadakan, sering terjadi pengambilan gambar tanpa dilengkapi keterangan 5 W 1 H, dan pernyataan narasumber berita.

“Untuk kepekaan mencari angle berita humani dan menarik sudah membanggakan, hanya saja masih perlu diasah saat mewawancarai narasumber berita, sehingga menjadi produk jurnalistik yang valid dan berkualitas,” tandasnya.

BACA JUGA:  Di Way Kanan, Satgas Covid-19 Kecamatan Kasui Berikan Masker Gratis Kepada Pengunjung Pasar

Ditambahkannya, cara pengambilan foto juga harus ditingkatkan sehingga dapat menceritakan keseluruhan kegiatan yang sedang di lokasi.

Terlebih Kodim Banyumas juga sedang berjuang untuk mempertahankan juara pertama Lomba Karya Jurnalistik TMMD Reguler 107 tahun 2020, kategori jumlah pemberitaan terbanyak terkait TMMD, dimana di lomba itu Korem 071 Wijaya Kusuma berhasil mempertahankannya melalui Kodim 0710 Pekalongan.

Sukirno berharap, pasca TMMD, anggota jurnalistik dadakan yang dibentuknya, makin terasah kemampuannya dalam bidang jurnalistik sehingga mampu memberikan kontribusi terhadap rekan-rekan media sosial yang ada di Kabupaten/Kota Banyumas dan sekitarnya.

BACA JUGA:  Gubernur Arinal Hadiri Deklarasi Pencanangan Zona Integritas dari Berpredikat Wilayah Bebas Korupsi Menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani

Tak lupa dirinya mengapresiasi semangat dan totalitas Serma Fatkhurrohman, karena sambil hunting berita juga mengedepankan humanisme saat bergaul dengan warga Petahunan.

“Walaupun bukan bidang kami, namun kami terus berlatih meningkatkan kemampuan di bidang jurnalistik sehingga apa yang ditampilkan akan bermanfaat bagi masyarakat luas dalam aspek edukasi dan informasi, untuk mengangkat citra TNI,” pungkasnya. (Aan)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Gubernur Arinal : Pembangunan Harus Mengacu RPJMD

LAMPUNG1.COM,Bandar Lampung— Pelaksanaan Pembangunan harus mengacu kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) agar dapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *