Home / Peristiwa / Ratusan Masyarakat Adat 4 Kecamatan Gelar Aksi Damai di Kantor BPN Tuba

Ratusan Masyarakat Adat 4 Kecamatan Gelar Aksi Damai di Kantor BPN Tuba

LAMPUNG1.COM, Tulang Bawang – Ratusan Masyarakat Adat dari 4 Kecamatan yakni, Kecamatan Menggala, Gedung Aji, Gedung Meneng, Dente Teladas dan Bandar Surabaya Lampungtengah, menggelar aksi damai di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tulangbawang, Kamis (06/08/2020).

Aksi damai tersebut menuntut Perseroan Terbatas (PT) Sugar Group Companies (SGC) melakukan pembayaran penyelesaian ganti rugi terhadap tanah umbul hak ulayat adat, sesuai dengan nilai jual tanah sekarang

Adapun point tuntunan masyarakat dalam aksi tersebut yaitu mengembalikan tanah rawa di sepanjang aliran sungai kepada masyarakat selaku pemilik ahli waris dari 4 Kecamatan seluas 16.000 Ha untuk dikelola menjadi lahan pertanian tanaman padi atau jagung.

Bahkan tuntutan masa juga menuntut supaya pihak SGC mengeluarkan peladangan perumahan dan pemakaman leluhur sertamakam umum dari Hak Guna Usaha (HGU) yntuk di sertifikat oleh masyarakat, karena tanah tersebut diatas adalah masyarakat yang telah berdomisili lama diatas tanah tersebut sebelum HGU dikeluarkan oleh BPN.

Pada aksi itu beberapa perwakilan masyarakat dipersilakan memasuki ruangan aula Kantor BPN untuk melakukan mediasi bersama Kakon BPN setempat serta dihadiri oleh Kapolres Tulangbawang dan Kasat Intelkam.

“Pekan depan kita akan konsepkan surat undangan bertemu dengan pihak SGC dan masyarakat untuk melakukan mediasi,” ujar Sapuan Ismail selaku koordinator dalam aksi damai tersebut.(mad)

About admin

Check Also

Begini Penampakan Hotel Tempat Menginap Satgas TMMD 109 Kodim 0727 Karanganyar

LAMPUNG1.COM, Karanganyar – Kegiatan Satgas TMMD Reguler ke-109 tahun 2020 masih melanjutkan program- program berupa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *