Rabu , Oktober 21 2020
Home / Nasional / Dandim 0209/LB Hadiri Rakor Penegakan Hukum Protokol Kesehatan

Dandim 0209/LB Hadiri Rakor Penegakan Hukum Protokol Kesehatan

LABUHANBATU.Lampung1.com – Menindak lanjuti instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 Tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019, Pemerintah kabupaten labuhanbatu dalam hal ini Bupati Labuhanbatu selaku ketua Gugus tugas covid-19, melaksanakan rapat koordinasi penegakan hukum protokol kesehatan di kabupaten labuhanbatu.

Kehadiran Dandim 0209/LB pada rapat koordinasi tersebut, didampingi oleh Kasdim 0209/LB, Pjs Pasiops, bertempat di ruang rapat Bupati Labuhanbatu, di jalan. SM. Raja Kelurahan ujung bandar Kecamatan rantau selatan, Kamis (17/9/20) sekira pukul 14.00 Wib.

Ir. Muhammad Yusuf M.MA (Sekda Labuhanbatu sekaligus wakil ketua gugus tugas penangan Covid-19 Labuhanbatu) mewakili Bupati Labuhanbatu dikesempatan itu membacakan Peraturan Bupati Nomor 43 Tahun 2020 tentang Penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Untuk Sanksi yang diberikan bagi perorangan berupa Teguran secara lisan atau teguran tertulis, Sanksi sosial berupa kerja sosial, Denda administrasi sebesar 100.000 (ribu rupiah) dan penerapan sanksi disesuaikan dengan situasi dan kondisi di masing masing lokasi.

Sedangkan Sanksi yang diberikan bagi pedagang berupa Teguran secara lisan atau teguran secara tertulis, Denda administrasi sebesar 300.000 (tiga ratus ribu rupiah), Penghentian sementara operasional usaha, Pencabutan izin usaha.

Adapun saran dan masukan yang disampaikan Muhammad Yusuf M.MA dalam rapat tersebut, “Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu akan menertibkan tentang instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 Tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019.”

“Sebelum kita menertibkan kepada masyarakat saya berharap kepada kasat Pol PP agar menertibkan para ASN kita bagi yang mau masuk kantor agar wajib memakai masker dan mencuci tangan sebelum masuk ke kantor,” ujarnya.

Lanjutnya lagi, “Setelah itu kita menertibkan keluar melalui sosialisasi kepada masyarakat, pedagang yang dilakukan oleh Dinkes, Satpol PP dan dibantu Polres serta Kodim,”

“Apabila sudah kita sosialisasikan kepada masyarakat dan pedagang tetapi masih ada juga yang tidak mematuhi peraturan Bupati Labuhanbatu tentang penanganan Covid-19, kita akan beri teguran, tindakan bahkan kita berikan denda 100 ribu rupiah bagi perorangan dan 300 ribu rupiah bagi pedagang,” Tukas Sekda.

Sementara itu Dandim 0209/LB, Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, SE, M.Tr (Han) menyampaikan bahwa sejak tanggal 01 Agustus sampai 31 Desember kita sudah mendapatkan tugas percepatan penanganan Covid-19.

“Kami berharap kepada bapak Sekda agar mengikut sertakan Dinkes, Satpol PP untuk menyampaikan himbauan kepada masyarakat.” Ucap Dandim.

Langkat, Deliserdang, Medan, Siantar dan Nias itu adalah daerah yang menjadi pusat perhatian tentang Covid-19, jadi saya berharap agar kita dapat bekerjasama untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan di kabupaten Labuhanbatu ini, Tegasnya.

Tambah Dandim 0209/LB, “Kewajiban kita adalah memberikan sosialisasi pemahaman kepada masyarakat terlebih dahulu, sebelum kita memberikan sangsi/tindakan/denda kepada masyarakat dan pedagang.”

“Saya beserta Jajaran Kodim 0209/LB akan selalu siap mengawal dan mendampingi Dinkes, Satpol PP dan aparat terkait untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat dalam pencegahan penanggulangan penyebaran Covid-19 khususnya di Kab. Labuhanbatu,” Tutup Dandim.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ir. Muhammad Yusuf Siagian (Sekda Labuhanbatu sekaligus Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Covid-19), Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, SE, M.Tr (Han) (Dandim 0209/LB), Mayor Arh Muji Santoso (Kasdim 0209/LB), Lettu Inf Sabar Infanteri Simanjuntak (Pjs. Pasiops Kodim 0209/LB), M.Yunus SH (Kasat Pol PP Labuhanbatu), AKP. A. Limbong (Polres Labuhanbatu), T. Almadiyan (Hakim PN Labuhanbatu), H. Kamal Ilham (Kadis Kesehatan Labuhanbatu), Aria Muchtar Maulana Hasibuan, SSTP. (Kanan BPBD Labuhanbatu), Wahyudi, S.Sos, MM (Ketua KPU Labuhanbatu), Hadi Wijaya (Sekertaris Bawaslu Labuhanbatu), Cut Ripai Nababan (Kabag Tapen), Beibi Lismainur (Wadir Pel RSUD Rantauprapat) dan Para Kabid OPD Labuhanbatu.(Red)

About admin

Check Also

Aksi Damai Warnai Demo Buruh Di Kantor Walikota Metro

LAMPUNG1.COM, Sejumlah massa dari Federasi Serikat Buruh Karya Utama (FSBKU) di Kota Metro, menggelar aksi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *