Sabtu , Oktober 31 2020
Home / Nasional / Menuju Pesawaran Layak Anak 2021, DPPPA Beri Pelatihan Kader PATBM

Menuju Pesawaran Layak Anak 2021, DPPPA Beri Pelatihan Kader PATBM

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Menuju Kabupaten Layak Anak tahun 2021, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pesawaran memberikan pelatihan kader/relawan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di Kecamatan Teluk Pandan.

Dalam kegiatannya itu, terkait tentang peningkatan SDM yang tanggap dalam penanganan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak, Selasa (22/09/2020) dihadiri Narasumber dari Polres Pesawaran, dan Fasilitator Nasional, yakni Aiptu Feri Ariyansory, SH (Kanit PPA Polres Pesawaran), dan Toni Fisher, SH (Fasilitator Nasional PATBM).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Pesawaran Binarti Bintang, S. Sos., M.IP menyampaikan bahwa kegiatan ini diberikan untuk menjangkau
Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) hingga ke desa-desa.

” Karena itu dilatarbelakangi keterbatasan dan keterjangkauan kami jadi sebetulnya memang dinas kami memiliki personil terbatas sehingga kami tidak bisa menjangkau sampai ke pelosok-pelosok desa dengan topologi kabupaten yang beragam sehingga kami butuh kader-kader ini,”
ujar Binarti Bintang, S. Sos., M.IP saat itu didampingi Kabid Perlindungan dan Penanganan Kekerasan Anak (Rakhmadia Agustin, S.SosI., MM).

Menurutnya, kader-kader ini untuk dibentuk sebagai relawan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) sampai ke desa yang dibentuk dan di SK kan oleh Kepala Desa.

” Terlebih itu dalam penanganan nantinya adalah trend Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) dan juga korban KDRT meningkat sehingga kami membuka wawasan lebih dalam,” kata dia.

Lebih dari itu, sambung Kadis, kegiatan ini diselenggarakan yaitu paling tidak langkah pencegahan melalui pembentukan kader PATBM ini.

” Jadi kita berharap dengan terbentuknya kader PATBM ini dapat lebih lagi mensosialisasikan kepada masyarakat yang lain dalam hal ini setidaknya upaya pencegahan dapat lebih meluas sehingga menurunnya angka kerasan Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) dan angka KDRT menurun,” harapnya.

Tidak itu saja, lanjut Kadis, berharap program inipun kedepan berkesinambungan termasuk kepada para kepala desa untuk support dengan memasukkan anggaran desa sebagai bagian dari kegiatan pemberdayaan masyarakat desa.

” Jadi hal tersebut merupakan PR menuju kabupaten Pesawaran Layak Anak, targetnya adalah tahun 2021, salah satunya kegiatan PATBM ini, ditambah seiring sejalan adanya forum anak. Kegiatan forum anak ini yang positif terkoordinir oleh Desa, dan Perlindungan anak ini adalah PATBM termasuk didalamnya kegiatan pemberdayaan masyarakat,” jelas Binarti Bintang, S. Sos., M.IP.

Salah satunya Camat Teluk Pandan, Zulkifli Nuh menyampaikan kegiatan ini bertujuan bagaimana terbentuknya kader/relawan PATMB di desa-desa untuk mengatasi bersama para kepala desa, termasuk menganggarkan kegiatannya oleh para kepala desa Se-Kecamatan Teluk Pandan.

” Kegiatan ini merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk bersama mengatasi Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH), dan angka KDRT, setidaknya pencegahan dan menurunnya kerasan anak, angka ABH dan KDRT di Kecamatan Teluk Pandan,” ujar Zulkifli. (Din/red).

About admin

Check Also

Tim Rekap 308 Satreskrim Polres Tubaba Amankan Warga Tiyuh Tirta Kencana

LAMPUNG1.COM – Seorang pemuda tampan, Edi Susilo 23 Tahun, pemuda bertato warga kecamatan Tulangbawang Tengah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *