Jumat , Januari 1 2021
Home / Nasional / Batam / Pertamina Bersama Disperindag Kota Batam Sidak Penjualan LPG 3Kg Diwilayah Batuaji

Pertamina Bersama Disperindag Kota Batam Sidak Penjualan LPG 3Kg Diwilayah Batuaji

LAMPUNG1.COM, Batam- Guna meningkatkan pengawasan atas penyaluran LPG 3kg, Disperindag Kota Batam dan PT. pertamina (Sales Branch Manager Kepri II) melakukan inspeksi mendadak (sidak) disejumlah titik wilayah Batuaji komplek pertokoan Tunas Regency Batuaji Batam, juga menyisir di simpang Barelang.

Sidak digelar untuk menertibkan penjualan tabung gas 3 kg subsidi isi ulang yang dijual secara ilegal oleh pengecer-pengecer dipinggir jalan.

Dari sidak tersebut, Disperindag Kota Batam dan Pertamina menyita puluhan tabung gas melon subsidi yang dijual oleh pengecer dipinggir jalan secara ilegal, beserta puluhan botol minyak premium dalam botol ukuran 1,5 liter, Selasa (6/10/2020).

Sales Branch Manager Kepri II PT. Pertamina Willam Handoko ketika dikonfirmasi mengatakan, tabung gas 3kg itu hanya untuk rumah tangga, usaha mikro dan kecil. Sehingga sesuai peraturan, yang tidak termasuk usaha mikro dan kecil tidak diperbolehkan, seperti laundry, rumah makan, hotel dan restoran. Kemudian, usaha dengan omset perbulan 50 juta atau pertahun 300 juta juga tidak diperbolehkan menggunakan gas LPG 3Kg.

“Terkait kedai kopi apakah mereka mikro atau usaha kecil, kalau usaha menengah usaha yang besar sesuai dengan peraturan ini menjelaskan usaha mikro yang omsetnya 50 juta perbulan atau 300 juta pertahun tidak diperbolehkan menggunakan elpiji 3kg”, tutur William Handoko sales Branch manager Kepri II.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam memberi contoh ada 2 pangkalan di Batu Aji dan Sangulung yang diberi surat pernyataan.

“Dijalan-jalan banyak kita temukan pelansir dan pengecer yang menjual diatas HET dengan kisaran Rp 25.000-27.000. Kebanyakan masyarakat (pengecer) tidak tahu kalau menjual diatas HET ada hukum pidananya, maka dari itu kita jelaskan. Selanjutnya, kedepan jika kita sidak kembali mereka harus terima resikonya,” ujarnya. (Iwan)

About admin

Check Also

Ini Harapan Forkopimda Cilacap Dalam Doa Bersama Sambut Tahun Baru 2021

LAMPUNG1.COM,Cilacap – Menjelang pergantian tahun baru 2021, Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap menggelar kegiatan Doa Bersama …