Rabu , November 25 2020
Home / Nasional / Antara Bencana Covid-19 Dan Banjir Bantuan

Antara Bencana Covid-19 Dan Banjir Bantuan

Lampung1.Com Way kanan — PADA awal Maret 2020, pemerintah mengumungkan ada nya kasus pasien pertama positif covid-19 di Indonesia. Hal tersebut sontak membuat Fobia dikalangan masyarakat terhadap wabah penyakit virus baru ini. Wabah covid-19 Ba’k Selebritis menghiasi layar-kaca Televisi dan Media Massa. Pagi siang dan malam Covid-19 menjadi trending topik Di media sosial, Sehingga menjadi santapan empuk bagi sipemburu berita.

“ Ah saya tidak dapat bantuan dari kampung, aparat kampung tebang pilih dalam mendata BLT, malah Orang-orang kaya yang dapat bantuan, Ma’sa mereka yang dapat bantuan punya motor dan Emas yang melingkar manis dileher dan jari nya waktu pencairan BLT di balai kampung kemarin, Saya kan termasuk orang yang terdampak pandemi Covid-19, mana tarikan sepi, Susu anak harus dibeli, beras makin tipis mana penumpang pada takut berpergian, Cicilan kriditan mobil telah menunggak dua bulan Lantak corona ini ” Celoteh kesal kawan setongkrongan ku di teras depan rumah sahabat lama yang seorang supir travel.

Ditengah pandemi virus corona (Covid-19), anggaran dana desa dialihkan menjadi BLT dana desa hal ini merupakan upaya pemerintah dalam upaya perlindungan sosial. Pemerintah memperpanjang masa pemberian bantuan hingga akhir Desember 2020 lantaran belum pastinya akhir dari pandemi corona.

“Ah, Kau tidak ada orang dalam” ujar Deka sambil menghisab rokok electrik dalam-dalam lalu mengeluarkan kepulan asap yang mengaburkan pandangan kami. “ Bapak saya dapat bantuan BLT dari dana desa, bantuan ngambil dikantor post juga dapat, kemarin saya daftarkan prakerja Goal juga, nah ini lagi saya daftarkan yang dari UMKM belum dapat kabar” Ujar nya tersenyum manis, sambil terbantuk-batuk tersedak asap Vape.

“ Hoki benar bapak kamu Kak’’ Celetuk kawan ku, “ Bagai mana pemerintah ini, harus nya orang seperti saya yang dapat bantuan, Anak saya tiga masih kecil-kecil pula, tak ada satupun aliran dana Covid-19 nyangkut ke-kami, Nah ini orang tua kamu malah kebanjiran bantuan ‘’Ujar sahabat ku yang lagi-lagi menyalahkan pemerintah.

Pemerintah telah menggelontorkan dana bantuan kepada masyarakat yang terdampak. Dana triliunan rupiah juga diberikan untuk masyarakat.berbagai bantuan ini diberikan dengan harapan untuk meringankan beban masyarakat. Bantuan tersebut berupa sembako,bantuan sosial tunai,BLT dana desa,listrik gratis,kartu prakerja,subsidi gaji karyawan sampai BLT usaha micro kecil.

Tiba-tiba ‘’ping’’ suara dari Hanphone ku berbunyi tanda pesan di WhatsApp ada yang masuk. Kubuka pesan WhatsApp tersebut terdapat pesan singkat yang berisi ada nya penambahan kasus Covid-19 sebanyak 2 ( Dua) orang Atas nam ES (39) tahun, berjenis kelamin laki-laki merupakan pasien ke-25 dan MW (40) Tahun, berjenis kelamin perempuan merupakan pasien ke-26 kedua nya merupakan warga Kecamatan Baradatu dan Kasui. Pesan singkat tersebut dikatakan oleh juru bicara Covid-19 Kabupaten Way Kanan sekaligus Kadis Kesehatan “Keduanya dinyatakan positif Covid-19 setelah dilakukan tes swab tanggal 23 dan 24 Oktober 2020, dan dinyatakan positif pada hari ini” Dalam pesan singkat tersebut Kadis kesehatan Way kanan menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak dengan menerapkan PHBS dan CTPS, serta jaga stamina tubuh masing-masing dengan menerapkan GERMAS, isi dari pesan WhatsApp tersebut.

Pesan singkat tersebut mengernyitkan Dahiku seraya bergumam “ Ah positif Covid-19 lagi ” Padahal sebelum nya pasien Virus Corona Kembali menelan Korban yang ke-2 atas nama WT umur 56 tahun pasien ke-22 Asal Gunung Labuhan. Sebelum WT Covid-19 Juga telah menelan korban yang pertama, merenggut pimpinan kami yakni Wakil Bupati Way Kanan Edward Antony bukti keganasan Covid-19.

Matahari akan kembali keperaduan, dan kami membubarkan diri masing-masing, ada yang ingin menjemput anak istri ditempat mertua, ada yang akan mandi sore, dan akupun bergegas pulang karena mendapat pesan singkat dari istri bahwa Gas Elpiji dirumah telah habis. ( Aszhari Ardian)

About admin

Check Also

Kapolres Pastikan Pelipatan Kertas Suara Di Lampung Timur Aman

LAMPUNG1.COM, Kapolres Lampung Timur didampingi Komisioner KPU setempat, melakukan pemantauan kegiatan proses Pelipatan Kertas Suara, …