Selasa , Desember 29 2020
Home / Nasional / Bergabungnya Humas KONI Se Lampung Permudah Komunikasi Data Porprov HmsKONI – Krui – 26 Nopember 2020

Bergabungnya Humas KONI Se Lampung Permudah Komunikasi Data Porprov HmsKONI – Krui – 26 Nopember 2020

LAMPUNG1.COM,— Humas KONI Provinsi Lampung yang menginisiasi pertemuan dengan seluruh Bidang Humas KONI Kabupaten dan Kota se Provinsi Lampung, membawa semangat baru para insan kehumasan di kepengurusan KONI daerah yang selama ini masih sangat kurang berperan dalam organisasi.

Dari 13 Kabupaten Kota yang sudah menerima sosialisasi Kehumasan dari KONI Provinsi Lampung, seluruhnya bersyukur program ini dijalankan Humas KONI Lampung, lantaran sudah membuka wawasan yang lebih luas dari segi kehumasan dan tupoksinya.
Beberapa daerah menitik beratkan pada hubungan komunikasi KONI Provinsi dengan KONI daerah, terutama saat melaksanakan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov).

Kesulitan dalam mengakses data kehumasan Porprov selama ini sangat mengganggu kinerja Humas Koni daerah, sehingga terpaksa harus mempergunakan jasa wartawan lepas untuk melakukan peliputan berita Porprov khususnya untuk daerah tersebut.

Iwan Setiawan, Wakil Ketua KONI Lampung Barat menegaskan bahwa informasi kehumasan Porprov harus diperbaiki menuju kemudahan akses bagi seluruh daerah.
“Kami selama ini kesulitan mendapatkan data secara umum dari humas Porprov, karena kami kurang informasi dari Panitia Besar soal teknis kehumasan di dalam perhelatan ini. Maka ke depan mesti diperbaiki sistemnya, sehingga bisa dijangkau secara mudah oleh seluruh kontingen peserta,” kata Iwan saat diskusi Kehumasan dengan KONI Provinsi Lampung di Lamban Apung Krui Pesisir Barat, Rabu 25 Nopember 2020.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Bidang Humas Provinsi Lampung, Edi Purwanto, yang juga selaku nara sumber dalam sosialisasi ini menjelaskan bahwa salah satu upaya untuk menjalin komunikasi intensif dan efektif adalah menyatukan seluruh Kehumasan KONI se Lampung menjadi satu ikatan yang erat dan terkoordinir.

“Kami menlaksanakan acara safari sosialisasi ini salah satunya untuk itu. Jika sudah menjadi satu grup, maka komunikasi akan jauh lebih mudah dan cepat. Makanya sudah ada 13 kabupaten dan kota yang kami himpun di sebuah WhatsApp Grup Humas KONI Se Lampung. Ini salah satu cara mendekatkan jarak kita kehumasan KONI se Lampung,” kata Don Pecci, panggilan akrab Edi .
Purwanto.

Lebih lanjut Don Pecci mengatakan bahwa mulai saat ini sudah disepakati bahwa kehumasan KONI di seluruh Lampung menjadi sati komunitas Humas KONI Se-Lampung.

“Kami sepakat seluruh Humas yang sudah bertemu dalam program ini disatukan dalam sebuah wadah tersebut, agar teman-teman di daerah mengerti bahwa kami juga keluarga besarnya yang bisa memberikan support dalam tugas mereka, terutama dalam tugas kehumasan,” tambahnya.

Terutama dalam penanganan data terkait berita saat pelaksanaan Porprov, akan teratasi dengan sendirinya, terutama tentang kecepatan dan ketepatan data untuk dijadikan bahan berita, terutama dalam perolehan medali tiap kontingen.

“Alhamdulillah, teman-teman seluruhnya sepakat untuk mengimpun diri di komunitas kehumasan ini. Karena manfaatnya sangat banyak dalam kaitan dengan tugas pokok dan fungsi kehumasan KONI secara menyeluruh,” ujar ketua SIWO PWI Lampung itu.
Dengan komunitas ini, maka seluruh komunikasi, hasil liputan, share berita dan sebagainya terhimpun menjadi satu grup yang dinamis, yang diharapkan akan menunjang dari sisi prestasi atlet Lampung.

Dengan komunikasi yang intens dalam satu grup, maka akan jauh lebih mudah dalam mengakses data kehumasan pertandingan. Sehingga khususnya untuk perolehan medali harian, akan bisa disepakati bersama sebelum dirilis media.

“Memang dalam multy event olahraga, peroleh medali menjadi tabel yang sangat ditunggu setiap hari. Sehingga memungkinkan untuk balapan memperolehnya agar bisa dirilis segera. Nah di sini bisa disepakati saja deadline penyebaran tabel perkembangan perolehan medali dalam waktu yang sama sehingga datanya seragam, dan tidak ada yang terselip,” ungkap Don Pecci. (Red)

About admin

Check Also

Pemilik Salah Satu Mini Market Terpapar Covid-19

LAMPUNG1.COM, Karimun – Selasa (29/12/2020), Pandemi Covid-19 masih belum berakhir, akhir-akhir ini muncul beberapa tempat …