Jumat , Februari 19 2021
Home / Ruwa Jurai / Pesawaran / Kaum Millenial Cilimus Ikuti Seleksi Terbuka Perangkat Desa

Kaum Millenial Cilimus Ikuti Seleksi Terbuka Perangkat Desa

LAMPUNG1.COM,PESAWARAN-Setelah dikeluarkannya rekomendasi dari Camat Teluk Pandan, di Kabupaten Pesawaran, terkait penonaktifan status aparatur pemerintah Desa Cilimus bidang kesejahteraan (Kesra), pemerintah desa setempat meggelar seleksi terbuka diikuti rata-rata dari kaum millenial.

” Dari 7 calon perangkat desa, satu yang akan muncul untuk menempati posisi jabatan Kaur Kesra, agar penjaringan di kekosongan di Pemerintah Desa,” ujar Kades Ahmad Yani usai menghadiri seleksi tersebut, Selasa (29/12/2020).

Menurutnya, seleksi digelar secara terbuka setelah melalui proses tahapan dan penjaringan sebagaimana menindaklanjuti hal tersebut.

” Seleksi diikuti rata-rata kaum millenial berasal dari warga desa Cilimus digelar sesuai aturan yang mengatur hal tersebut, ikuti standar operasinal prosedur (SOP) saja tanpa ada unsur nepotisme,” terang Yani.

BACA JUGA:  Satgas TMMD Kodim Kudus Berikan Yel-Yel Semangat Kepada Peserta Pelatihan BLK

Karena itu, lanjut Yani, pihaknya tak ingin mundur kebelakang demi jalannya roda pemerintah desa berjalan dengan baik dan lebih maju berkembang.

” Alhamdulillah peminatnya rata-rata dari kaum melenial, energik yang sudah memenuhi syarat dan standar pendidikan minimal SMA maupun Stara S1, kemampuan yang dimiliki menguasai komputer,” ungkapnya.

Sehingga sambung dia, hasilnya nantinya mereka mengabdi ke pemerintah desa sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagaimana didalam aturan tentang perangkat desa, peraturan tentang desa, dan peraturan daerah tentang peran fungsi dalam menjalankan roda pemerintah desa.

Ditambahkannya, peserta mengikuti seleksi tertulis, wawancara langsung yang menilai Camat Teluk Pandan bersama panitia desa.

” Ya, dari seleksi ini nanti satu nama yang akan muncul hasil penilaian seleksi tertulis, dan wawancara. Itulah nilai terbaik dipercaya mengisi kekosongan kaur kesra,” tambah Yani.

BACA JUGA:  Mister Kim Segera Rilis Lagu "This War is Not For Us"

Dalam kesempatan itu, Camat Teluk Pandan, Zulkifli mendampingi Kades setempat mengungkapkan seleksi terbuka ini sesuai usulan dari pemerintah desa.

” Hal ini berkaitan tentang pemberhentian salah satu kaur di Desa Cilimus, terindikasi pungli, lalu saya mengeluarkan rekomendasi tersebut,” ujar Minak Zul sapaan akrabnya.

Untuk itu, lanjut dia, mensetujui pemberhentian tersebut dan pemerintah desa cilimus melakukan penjaringan secara terbuka disesuaikan dengan aturan yang berlaku.

” Sehingga bisa mendampingi Desa Cilimus melakukan tahapan-tahapan baik secara mengumumkan kepada masyarakat tentang penjaringan untuk salah satu kaur di desa digelar secara terbuka untuk umum, khususnya warga Cilimus,” jelas dia.

BACA JUGA:  Kepala Dinkes Juga Pantau Protokol Kesehatan di Lokasi TMMD

Menurutnya, bagi siapa pun yang ingin mengabdi ke pemerintah desa Cilimus dipersilakan mendaftar dengan ketentuan memenuhi syarat.

” Sebelumnya mereka telah membuka pengumuman dan penjaringan setelah itu mereka mendaftarkan diri dengan persyaratan lengkap sehingga bisa melakukan seleksi terbuka tersebut melalui seleksi tertulis dan interview/wawancara,” jelas Camat.

Jadi tambah Minak Zul, ini digelar secara terbuka dan tidak ada titip-titipan dan tidak ada nepotisme dengan harapan muncul SDM berkualitas untuk mengabdi ke pemerintah desa Cilimus.

” Terlebih kepada masyarakat juga nanti ada penilaian dan untuk hasilnya belum bisa disimpulkan hasil rangking tertinggi dari seleksi yang digelar pada hari ini,” tandas Minak Zul. (Din/red).

About admin

Check Also

Hadiri Rakor Bersama Tim Korsupgah KPK, Gubernur Arinal Tegaskan Komitmen Pemprov Lampung dalam Pencegahan Korupsi

LAMPUNG1.COM,BANDARLAMPUNG — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengahadiri Rapat Koordinasi Program Pencegahan Korupsi Terintegrasi 2021 Wilayah …