Jumat , Februari 19 2021
Home / Ruwa Jurai / Sekolah Dilarang Tatap Muka, Belajar Via Radio Menu Terbaru Pembelajaran Sekolah Ditengah Pandemi Covid-19

Sekolah Dilarang Tatap Muka, Belajar Via Radio Menu Terbaru Pembelajaran Sekolah Ditengah Pandemi Covid-19

LAMPUNG1.COM, Way kanan— Sejak Maret 2020 sekolah ditutup diseluruh provinsi di Indonesia Siswa-siswi diminta belajar dari rumah dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh . Maka angkatan kelulusan pada tahun 2020 tanpa ujian Nasiona akibat Ulah dari Covid-19. Situasi seperti ini menjadi Buah Simalakama bagi dunia pendidikan ditanah Air. Belajar secara online atau daring dipaksakan sehingga banyak guru gaptek yang tidak siap menguasai teknologi terutama guru berusia di atas 50 tahun. Ketidak siapan ini juga dialami siswa karena tidak semua orang siswa mampu menyediakan fasilitas belajar online, terutama siswa di daerah pedalaman, perbatasan dan kawasan terpencil.

Berbagai tantangan dihadapi tenaga pendidik dan pelajar dimulai dari kurang nya bimbingan guru, Akses internet tidak lancar, Tidak mempunyai Gawai atau gadget, Tidak bisa meng akses aplikasi belajar online, Serta kurang dampingan orang tua.

Pagi itu pada hari jum’at 27 November Aan Frimadona Roza, S.Pd., M.Pd. Ia menjemputk ku sebelum Sang Surya menampak kan diri. Pria asli putra Daerah Way kanan, lahir pada 22 februari 1982. Pemuda penghobi motor Japstyle ini juga merupakan kepala sekolah di SMPN 7 Banjit Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung. Selain sebagai kepala sekolah Aan Frimadona Roza juga Menakodai Persatuan Guru Republik Indonesia Kabupaten Way Kanan atau yang lebih familiar dengan sebutan PGRI. Sebelum matahari terbit Saya beserta Ketua PGRI Way Kanan menuju Ke-kecamatan Way Tuba guna untuk memberikan penghormatan kepada Almarhum Wakil Bupati Way kanan Dr.Drs. Edward Antoni, M.M Sebagai tokoh yang telah memberikan kontribusi dibidang pendidikan di Kabupaten Way Kanan.

Sesampai nya diperistirahatan terakhir Almarhum Edward Antoni, Kami disambut oleh Keluarga Besar Almarhum dengan hangat.Tanpa dikomando Adik-adik Pramuka telah siaga dipemakaman orang yang berjasa dalam ke-pramukaan yang berlambangkan tunas kelapa tersebut. Untuk diketahui Wakil Bupati Way Kanan berpulang akibat bukti dari keganasan Corona Virus Disease atau Covid-19. Penyerahan penghargaan tersebut berupa piagam yang diserahkan oleh ketua PGRI Way Kanan kepada istri Almarhum yaitu ibu Thurismawati Edward Antoni yang disaksikan oleh Keluarga besar Almarhum beserta hadirin yang datang. Dalam keharuan nya istri dari Almarhum mengucapkan ribuan terimakasih yang diberikan untuk mendiang suami nya, Dan beliaupun berpesan kepada kami yang hadir agar selalu waspada terhadap keberadaan Virus Corona “ Selalu Ta’ati Protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak” Ucap nya.

BACA JUGA:  Darno Ingin Adanya Penyuluhan Tentang Ternak Kambing Dalam Gelaran TMMD 107 di Pantirejo

Selesai dari acara penyerahan piagam tersebut kami pun bertolak ke-SMPN 7 Banjit dimana tempat tugas Aan Frimadona Roza mengabdi untuk mencerdaskan Anak Bangsa. Letak sekolahan tersebut berjarak lebih kurang 1 jam dari Ibu Kota Baradatu dengan menggunakan roda dua. Setelah menempuh beberapa jam tibalah kami di ujung Kecamatan Banjit, berbatasan langsung dengan Kecamatan Kasui,Kecamatan Umpu Semenguk dan kecamatan Baradatu. Ditepi jalan sebelah kanan tersebut terdapat Plang petunjuk sekolahan SMPN 7 Banjit yang mulai Rapuh tersengat panasnya terik matahari. Lebar jalan tersebut hanya muat badan mobil yang kami kendarai, setelah masuk puluhan meter kami disambut rimbun nya kebun pohon sengon yang tak terawat oleh pemilik lahan . Setelah di ujung perkebuna pohon sengon tersebut, Nampaklah Gerbang sekolahan tegap kokoh berdiri, Dalam hatiku berkata “ Hmm.. tersembunyi sekali sekolahan ini” kulihat kiri kanan dan sepanjanjang mata memandang hanya tumbuhan hijau yg dapat kulihat. Sontak kulihat Hanphone ku dari tadi tak ada bunyi atau pun bergetar sedikitpun yang biasa Rang-ring tak pernah diam. Setelah ku cek ternyata tak ada sedikitpun signal yang ada dilokasi ini. Karena rasa penasaran kutanyakan langsung kepada Aan Frimadona Roza yang lagi fokus menyetir. “ Bang disini susah signal ya” sambil tertawa ia menjawab “ iya yan, disini susah signal, Area Blank Spot disini” Ungkap nya.“Lah terus gimana Anak-anak belajar Daring kalo susah signal bang” Timpal ku. “ya itu dia permasalahan yang kami hadapi dalam situasi pandemi sekarang ini, Jaringan internet menjadi kendala dalam metode belajar online, Belum lagi siswa disini ada yang tinggal dipedalaman, disekolahan saja jaring internet susah didapat” Jelas nya.

BACA JUGA:  Putuskan Penyeberan Covid-19, Bupati Lamteng Tutup Sementara Masjid Istiqlal Bandar Jaya

Sambil membelokkan setir kedalam gerbang Aan menunjukkan kepada satu titik dimana ada beberapa tehknisi sedang memasang tiang pemancar “ Liat itu salah satu terobosan dari sekolah kita untuk program pembelajaran nanti nya” Sambil mematikan mesin mobil tanda nya kami telah sampai ditujuan. Sembari keluar dari pintu mobil akupun pun bertanya “ Tiang pemancar apa itu bang” tanya ku. “Kita sedang memasang radio disekolah yan, Dan itu sedang memasang tiang nya” sambil bergegas masuk kedalam sebuah ruangan khusus disekolah tersebut, Didalam ruangan tersebut terdapat beberapa tehknisi yang sedang memegang tang dan obeng sedang mengotak-atik perangkat radio.

Selang beberapa saat penjaga sekolah menawarkan kopi kepada kami Nyeletuk secara spontan “Boleh mang”ungkap ku karena hampir seharian ini kami belum ngopi. Sambil menunggu kopi hangat disajikan dan akupun bertanya kepada Aan ” Bang jika pola pembelajaran Via Radio ini berhasil diterapkan, maka akan menutup para broker-broker yang memiliki kepentingan dalam meraup untung dimasa Pandemi ini” Ujar ku. Aan pun tersenyum manis ketika aku berbicara seperti itu, Akupun mengangguk-seolah Aan Frimadona Roza memahami maksud dari pembicaraan tersebut.

Dengan berjalan nya waktu pada saat pembagian lapor disekolah SMPN 7 Banjit, Kembali Akupun diundang pada acara pembagian lapor yang diterapkan secara protokol kesehatan. Pola pembagian lapor tersebut pihak sekolah membagi jadwal agar tidak terjadi kerumunan, Didepan dekat pintu gerbang tersebut pihak sekolah menyiapkan sabun dan agar orang tua dapat mencuci dengan sabun, Serta wali murid diwajibkan memakai masker.

BACA JUGA:  Prasasti TMMD Karanganyar Jadi Tempat Wahana Selfie

Pada saat pembagian lapor siswa kepala sekolah SMPN 7 Banjit memaparkan progres belajar Via Radio kepada wali murid, dan mendapat Apresiasi dan dukungan oleh seluruh orang tua siswa untuk dapat dilanjutkan kembali pada tahun 2021 jika Pandemi ini belum berakhir jika memang sekolah belum diperbolehkan untuk belajar tatap muka oleh pemerintah.

Aan Frimadona Roza menjelaskan Radio Pelita FM 107.7 Mhz Adalah Radio Komunitas SMPN 7 Banjit, merupakan solusi belajar masa kini dimasa pandemi saat ini.

Salah satu orang tua wali murid yang bernama Hasyim dari Dusun Ojolali kecamatan Umpu semenguk yang juga mewakili anak nya mengambil lapor mengatakan kepada ku bahwa” Saya sangat setuju dengan program belajar menggunakan radio, karena sebelum nya belajar daring menggunakan HP saya harus mengocek banyak uang setiap minggu untuk membeli paket ditambah lagi ditempat kami susah signal Mas” Ungkap nya kepada ku.

Ia juga menambahkan “Belajar menggunakan Radio sangat Efektif karena tidak harus menggunakan Kuota, juga HP ga harus bagus mas, pake HP Ceng-ceng Po juga bisa dan ga harus butuh signal internet, karena radius pemancar Pelita FM sampai tempat kami” Jelas nya sambil tersenyum bahagia.

Pembelajaran Via Radio oleh SMPN 7 Banjit ini mendapat Apresiasi dari Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya dan Dinas Kabupaten Way Kanan, Dimana Bupati Way Kanan Meng Apresiasi ” Inilah bentuk Kreatifitas Guru didunia pendidikan dalam menghadapi Pandemi Covid-19 saat ini, terus lah berkarya dalam mencerdaskan Anak Bangsa” Ungkap nya dalam bentuk Video Apresiasi yang tersebar di Media Sosial. (Aszhari)

About admin

Check Also

Hadiri Rakor Bersama Tim Korsupgah KPK, Gubernur Arinal Tegaskan Komitmen Pemprov Lampung dalam Pencegahan Korupsi

LAMPUNG1.COM,BANDARLAMPUNG — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengahadiri Rapat Koordinasi Program Pencegahan Korupsi Terintegrasi 2021 Wilayah …