Minggu , Februari 28 2021
Home / Hukum Kriminal / Selama Tahun 2020 Polres Karimun Berhasil Tekan Angka Kriminalitas Hingga 24%

Selama Tahun 2020 Polres Karimun Berhasil Tekan Angka Kriminalitas Hingga 24%

LAMPUNG1.COM, Karimun – Polres Karimun Polda Kepri Menggelar Konferensi Pers akhir tahun tentang pencapaian kinerja selama tahun 2020 melalui Konferensi Pers Akhir Tahun 2020 di Polres Karimun, Rabu (30/12/2020).

Dalam kegiatan Konferensi Pers Akhir Tahun, Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan SIK dengan didampingi sejumlah Pejabat Utama Polres Karimun serta jajarannya mengatakan bahwa perbandingan tren tindak pidana 2019 dan 2020 terjadi penurunan kejahatan tindak pidana diwilayah hukum Polres Karimun selama tahun 2020.

“Polres Karimun secara keseluruhan berhasil menekan angka tindak kejahatan hingga 24% dari tahun sebelumnya, yaitu pada tahun 2019 berjumlah 252 kasus sedangkan di tahun 2020 berjumlah 192 kasus,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk kasus Narkotika yang ditangani oleh Polres Karimun mengalami kenaikan secara kuantitatif selama Tahun 2020 yaitu barang bukti jenis sabu. Pada Tahun 2019 sebanyak 70 Kasus, sedangkan di Tahun 2020 sebanyak 48 Kasus.

Barang bukti yang berhasil diamankan terkait tindak pidana Narkotika antara lain Ganja Seberat 478,65 Gram, Sabu Seberat 8.640,26 Gram, Pil Ekstasi Seberat 29,5 Butir, Happy Five Seberat 356 Butir dan Key Seberat 411,6 Gram.

BACA JUGA:  Nikmati Ganja, Seorang Mahasiswa Dibawa Ke Kantor Polisi

Dikatakan Kapolres Karimun AKBP Muhamad Adenan SIK selama Tahun 2020 dimana kita semua dalam kondisi Pandemi Covid-19 dan Pilkada Serentak Tahun 2020 dalam upaya menekan dan mencegah terjadi lonjakan penyebaran covid-19 serta gangguan kamtibmas Polres Karimun.

Melalui operasi terpusat melaksanakan beberapa operasi diantaranya Operasi Simpatik, Operasi Patuh, Operasi Ketupat, Operasi Zebra, Operasi Aman Nusa II, Operasi Bina Kesuma, Operasi Binawaspada, Operasi Mantap Praja, Operasi Pekat dan Operasi Lilin serta berhasil mengamankan Pilkada Serentak 2020 tanpa adanya penambahan jumlah positif Covid-19.

Polres Karimun juga berhasil mengungkap kasus besar yang cukup menjadi perhatian Publik, diantaranya penyelesaian kasus perjalanan dinas fiktif sekretariat DPRD dengan kerugian negara sebesar satu milyar enam ratus delapan puluh juta tiga ratus sebelas ribu tiga rupiah.

BACA JUGA:  Pengelolaan Anggaran Masjid TAQWA Metro, Di Duga Tidak Transparan.

Untuk pengungkapan Kasus Narkoba total barang bukti Ganja Seberat 478,65 Gram, Sabu Seberat 8.640,26 Gram, Pil Ekstasi Seberat 29,5 Butir, Happy Five Seberat 356 Butir dan Key Seberat 411,6 Gram.

Upaya perubahan yang semakin baik dimasa kepemimpinan Kapolres Karimun AKBP Muhamad Adenan SIK dalam menjaga Harkamtibmas di Karimun yang tetap kondusif serta sebagai bhayangkara yang melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat membuat program unggulan melalui Program Aplikasi Android polisi Karimun (POKA).

Pemasangan 21 unit CCTV Online 360 Derajat yang tersebar di Karimun, GPS Patroli Polres Karimun dan Jajaran yang terintegrasi dalam komando Ruang Command Center Polres Karimun yang diharapkan mampu memberikan pelayanan kamtibmas kepada seluruh masyarakat Kab. Karimun.

Sepanjang Tahun 2020 Polres Karimun telah menerima penghargaan dari berbagai instansi di antaranya piagam penghargaan Kak Seto Award kategori polisi sahabat anak dari Kak Seto, Piagam Penghargaan dari ASKALSI atas kinerja Polres Karimun dalam kasus perkara putusnya kabel bawah laut sistem komunikasi dan Piagam.

BACA JUGA:  Arinal Djunaidi Pastikan Persiapan Musda X DPD Partai Golkar Lampung Berjalan Lancar

Penghargaan untuk polres karimun sebagai instansi yang mendukung dan berperan aktif dalam pemberantasan narkoba dari BNN serta Trophy Penghargaan Police award 2020 terkait pengungkapan kasus narkoba didaerah perbatasan.

“Saya selaku Kapolres Karimun AKBP Muhamad Adenan SIK mengimbau seluruh masyarakat Karimun jelang akhir tahun 2020 saat ini kita akan segera memasuki tahun baru 2021, covid-19 belum berakhir maka dari itu saya menghimbau agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan 4 M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun,” katanya.

“Maka dari itu sekali lagi saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Karimun untuk tidak melakukan maupun mengadakan kegiatan yang menimbulkan kerumunan massa, upaya ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan Covid-19 dimasa liburan,” terangnya. (Red)

About admin

Check Also

TMMD 110 Tambakrejo Bojonegoro Usung Semangat Gotong Royong

LAMPUNG1.COM, Bojonegoro, – Program terpadu lintas sektoral, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 110 tahun 2021 …