Minggu , Mei 16 2021
Home / Pendidikan / BSPS Di Tanjung Agung Disunat, Warga Kecewa

BSPS Di Tanjung Agung Disunat, Warga Kecewa

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Penerima program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2020 di Desa Tanjung Agung, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran berujung kecewa, lantaran dikenai pemotongan Rp500 ribu.

Seorang warga bersama rekannya penerima program BSPS asal Desa setempat mengaku kecewa atas adanya pemotongan tersebut.

” Mereka akui pemotongan dilakukan oleh oknum ketua Pokmas dari masing-masing dusun sebesar Rp500/ribu terkesan secara berjamaah, setelah kami menerima Rp2,5 juta, terpaksa sisa Rp2 juta untuk bayar upah tukang,” ucap seorang warga setempat terekam dalam recording saat mengadu kepada media ini.

Menurutnya, BSPS di Desa Tanjung Agung ada sekitar 152 warga penerima program tersebut dan tentunya dengan senang hati dibantu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

” Dalam hal ini Direktorat Jenderal Perumahan melalui Bupati Pesawaran, yakni Pak Dendi Ramadhona Kaligis, jadi kami ingin melaporkan ke Pak Bupati dan pihak lain, tapi kami takut dan khawatir ada intimidasi dari pihak lain,” ujar warga tersebut.

BACA JUGA:  Zainudin Hasan Sindir Perayaan HUT RI yang di Gelar Dispora

Sambung dia bersama rekannya meminta perlindungan bahkan bila ini bocor tentu kekhawatiran ada intimidasi dari pihak orangnya Pak Kades.

” Karena sebelumnya secara pribadi pernah diingatkan ibu kades atas diterimanya bantuan itu patut disyukuri, bahkan diarahkan pemotongan Rp500 ribu itu agar dipenuhi, jadi seperti itu,” ungkap seorang warga setempat.

Dengan kepolosan dan kejujuran warga itu melanjutkan, termasuk ada juga dari salah satu orangnya kades mengancam bila bocor akan kena santet bila macam-macam melaporkan pemotongan progam ini.

” Makanya saya minta agar nama-nama kami dirahasiakan, bila ini ada perlindungan hukum kami siap buka-bukaan terkait hal tersebut, tapi tetap jaga kondusif,” ungkapnya.

Meski begitu, masih menurutnya, tentu cara-cara pemotongan itu menjadi tak mulusnya rumah yang diharapkan hanya sebatas bata merah karena ketersediaan dana swadaya masih minim.

BACA JUGA:  OJK Tutup 2000 Fintech Ilegal

” Jadi membangun itu sebagian diperoleh pinjam uang ke sanak famili, ada yang menggadai kebun, bantuan itu digulirkan sebesar Rp 17,5 juta, berupa material senilai Rp15 juta dan sisanya Rp2,5 juta yang diterima tapi dipotong Rp500 Ribu diakomodir oleh Ketua Pokmas setempat yang datang ke rumah,” ujarnya.

Terkait laporan tersebut, dikonfirmasi Kades Abdul Wasi sebelumnya di Kantor Desa Tanjung Agung tiada ditempat, bahkan dihubungi melalui telpon sellulernya pun tak aktif.

Begitupun Sekdes Sukardi dihubungi via telponnya pun tak aktif termasuk
diselusuri ke sejumlah Ketua pokmas setempat juga tiada ditempat, Rabu (13/01/2021).

Diketahui Program BSPS ini dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dalam hal ini Direktorat Jenderal Perumahan melalui Bupati Pesawaran di
Desa Tanjung Agung Kecamatan Teluk Pandan digulirkan sebanyak 152 penerima program tersebut.

BACA JUGA:  Berlebih, Logistik Dari Warga Desa Sasaran TMMD

Bantuan untuk warga miskin layak huni tersebar di 4 Dusun, yakni Dusun Sinarmaju, Tanjung Agung, Cikoak, dan Dusun Pematang. Kondisi bangunan hampir rata-rata kualitas bata merah, beralas semen dan tanah, bahkan sebagian lagi dalam tahap pembangunan.

Selain itu, terdapat peneng ditulis “BSPS” pada bagian bawah peneng bertuliskan Direktorat Jenderal Perumahan serta Satuan kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan dan wilayah Provinsi Lampung.

Peneng khusus yang dipasang dibuat dari plat besi berukuran 15 x 20 centimeter, sebagian lagi rumah penerima program tersebut tak terdapat tulisan peneng yang memiliki warna biru dan kuning yang bertuliskan logo serta nama instansi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). (Din/red).

About admin

Check Also

3.250 Pemudik Rapid Test, 24 Diantaranya Positif Covid-19

LAMPUNG1.COM,Polri telah memutarbalikan 36.468 unit kendaraan terkait larangan mudik Lebaran Sabtu (15/4/2021). Dari jumlah tersebut …