Kamis , Juli 29 2021
Home / Ruwa Jurai / Kota Bandar Lampung / DPRD Lampung Bantu Gerakan Donor Plasma konvalesen

DPRD Lampung Bantu Gerakan Donor Plasma konvalesen

LAMPUNG1.COM, BANDARLAMPUNG- DPRD Lampung bakal berkoordinasi dengan dinas kesehatan provinsi setempat, termasuk Palang Merah Indonesia (PMI) dalam upaya penanganan COVID-19 melalui gerakan pendonor plasma konvalesen.

Hal ini yangmana pemerintah sedang menggencarkan gerakan pendonor plasma konvalesen untuk membantu pemulihan pasien covid-19 khususnya bergejala berat atau kritis.

” Ya. nanti kita bantu follow up mengenai penanganan covid-19, selain vaksin covid-19, juga melalui gerakan donor plasma konvalesen meski izin yang menjadi kendala selama ini,” ujar anggota Komisi V DPRD Provinsi Lampung, Lesty putri Utami, Jum’at (29/01/2021).

BACA JUGA:  Tulang Bawang Berhasil Raih Juara Umum Dalam Lomba Bebai Betabuh 2018

Menurutnya, Provinsi Lampung, masih terkendala dalam sertifikat Cara Pembuatan Obat Yang Baik (CPOB), di karenakan surat tersebut belum di terbitkan oleh PMI Pusat.

“Iya harusnya cepat ada tindakan seperti itu, karena mau gak mau Lampung ini semakin masif untuk pergerakan dari covid19 ini,” kata dia.

Lebih dari itu Lesty memastikan pihaknya akan bantu khususnya dari Anggota Dewan Komisi V untuk di Flow up masalah ini ke kepala dinas kesehatan Lampung.

BACA JUGA:  H-1 Lebaran, TNI & Polri Gelar Patroli Berskala Besar Di Lampung Timur

” Siapa tahu ada ranahnya karena tingkatan ini kan berbeda – beda,” kata dia lagi saat kepada wartawan di Ruang Komisi V DPRD Provinsi Lampung.

Lebih lanjut Lesty menjelaskan, kalau mengenai izin plasma Konvalesen tersebut ada aturan regulasi dari pusat karena hal itu di luar dari lintas pemerintah daerah.

” Ini kan terugulasi aturan dari pusat, jadi PMI itu di luar dari lintas dari pemerintahan daerah, tetapi pastinya kita akan bekerja sama dengan PMI,” ujarnya.

BACA JUGA:  Sering Terendam Banjir, Jalan Utama Kampung Garuntang Ditinggikan

Bagaimanapun tambah Lesty, PMI khusus untuk pendonoran, dan kemarin juga sudah dengar bahwa Lampung ini belum menjadi prioritas untuk donor plasma Konvalesen tersebut.

” Jadi saya berharap ketika nanti plasma Konvalesen sudah diterbitkan izin tersebut, masyarakat dapat saling tolong menolong mendonorkan plasmanya kepada pasien yang terkonfirmasi positif covid19,” pungkas dia. (red).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Dikepimpinan Dendi Ramadhona, Pesawaran Raih Penghargaan KLA 2021

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Kabupaten Pesawaran meraih Penghargaan KLA 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen …