Jumat , Februari 19 2021
Home / Ruwa Jurai / Lampung Utara / Tak Bawa Rapied Tes, Penumpang Kereta Api di Lampung Utara Batal Berangkat

Tak Bawa Rapied Tes, Penumpang Kereta Api di Lampung Utara Batal Berangkat

LAMPUNG1.COM,Kotabumi: Sejumlah penumpang Kereta Api (KA) Rajabasa Jurusan Kotabumi- Bandarlampung gagal berangkat. Pihak stasiun mewajibkan penumpang KA yang akan berangkat menuju Bandar Lampung diminta untuk melakukan rapied tes terlebih dahulu. Rapied tes untuk covid 19 itu telah disediakan pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) di stasiun Kotabumi.

Beberapa penumpang yang memesan tiket melalui sistem online tidak mengetahui aturan tersebut. Akibatnya, mereka terpaksa membatalkan keberangkatan karena tidak ada biaya untuk melakukan rapied tes. Pihak PT.KAI mematok biaya rapied tes sebesar Rp.85 ribu.

“Kok tiba- tiba diminta surat rapied tes. Sedangkan tidak ada pemberitahuan sebelumnya jika penumpang yang akan berangkat menuju Bandar Lampung harus juga melampirkan surat rapied tes. Saya gak jadi berangkat karena tidak ada surat rapied tes. Mau buat surat rapied di stasiun ini, saya tidak punya uang. Ya.. terpaksa saya naik bis saja besok. Sedangkan klaim tiket seharga Rp 30 ribu tidak bisa ditukarkan lagi dengan uang. Dianggap hangus oleh pihak stasiun,” kata Riko penumpang KA warga Tanjung Harapan, Kotabumi, Senin (4/1) sore tadi.

BACA JUGA:  Pastikan Pelayanan Kesehatan Berjalan Normal

Hal sama juga diungkapkan Andi, warga Kotabumi, dia mengaku kaget saat akan menuju loket ruang penumpang. Ia ditanya petugas stasiun soal surat rapied tes. Karena tidak mempunyai surat rapied tes, ia tidak diperbolehkan masuk menuju gerbong kereta. “Saya gak boleh masuk, karena gak ada surat rapied tes. Disarankan merapied di stasiun yang disiapkan pihak PT.KAI, tapi saya gak mau. Dan akhirnya saya membatalkan keberangkatan. Tiket yang sudah dibeli seharga Rp 30 ribu juga tidak bisa dilembalikan lagi. Alasannya, sudah terlambat 30 menit,” jelas Andi dengan wajah kecewa.

BACA JUGA:  Tingkatkan Kesadaran Protokol Kesehatan Tim Gugus Tugas Covid-19 Bersama koramil 427-06/Baradatu Berikan Sangsi Kepada Pelanggar

Salah seorang petugas peron Stasiun Kereta Api Kotabumi, mengaku ketentuan tersebut memang diberlakukan sejak sepekan ini. bagi penumpang yang membeli tiket di stasiun tersebut wajib melampirkan surat rapied tes. ” Bagi yang tidak ada surat rapied, pihak stasiun telah menyiapkan tempat rapied tes. Silahkan merapied disebelah Pak. Biayanya Rp.85 ribu,” kata petugas yang menjaga karcis.

Jika tidak membawa surat rapied, penumpang dilarang masuk. Bagi tiket yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan lagi apabila sudah 30 menit sebelum kereta berangkat.” Lewat dari situ dinggap hangus,” kata petugas tersebut.

BACA JUGA:  Bupati Sujadi Himbau Mahasiswa STMIK dan STT Pringsewu Gunakan IT dengan Baik

Yusri salah seorang petugas rapied tes di Stasiun Kereta Api Kotabumi mengaku rapied tes ini dilakukan atas kerjasama PT.KAI dengan pihak Rajawali Nusindo. “Bagi penumpang KA wajib dirapied tes. Biayanya Rp.85 ribu. Ini sudah ketentuan nya Pak. Saya hanya pelaksana saja,” kata Yusri.(Red)

About admin

Check Also

Personil TNI & Polri Amankan Distribusi BST Di Lampung Timur

LAMPUNG1.COM, Personil TNI dan Polri diturunkan untuk melakukan proses pengamanan distribusi Bantuan Sosial Tunai (BST) …