Kamis , Juni 10 2021
Home / Ruwa Jurai / Pesisir Barat / Baznas Provinsi Lampung dan Baznas Pesibar Bantu 26 Kursi Roda dan 134 Tongkat kepada Penyandang Disabilita

Baznas Provinsi Lampung dan Baznas Pesibar Bantu 26 Kursi Roda dan 134 Tongkat kepada Penyandang Disabilita

LAMPUNG1.COM,Pesisir Barat – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Lampung dan Baznas Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) menyalurkan bantuan di 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Pesisir Barat. Bantuan yang diserahkan berupa 26 unit kursi roda dan 134 tongkat kepada mustahik yang tersebar se-Kabupaten Pesisir Barat, Jumat (26/2/2021).

Bantuan kursi roda dan tongkat ini, merupakan bentuk sinergitas dan konektivitas antara Baznas Provinsi Lampung dan Baznas Kabupaten Pesisir Barat dalam memberi bantuan kepada mustahik. Penyerahan kursi roda dan tongkat secara simbolis berlangsung di Kantor Baznas Pesisir Barat, Krui pada Jumat (26/02/2021).

Turut hadir dalam acara ini, Plh Bupati Pesisir Barat yang diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Pesisir Barat, Ketua Baznas Provinsi Lampung yang diwakili Staf Ahli Keuangan Baznas Provinsi Lampung Nurkholis, Ketua Baznas Kabupaten Pesisir Barat Zikrullah, SAg, Kepala Kemeterian Agama Kabupaten Pesisir Barat, Tokoh Agama, serta tamu undangan.

Ketua Baznas Provinsi Lampung Dr. H. Abdurrahman, MAg, yang diwakili oleh Staf Ahli Keuangan Nurkholis, SE, MS.Ak.Akt mengatakan, program dari Baznas Provinsi Lampung ini berdasarakan kesepakatan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Baznas RI. Di mana salah satu program yang dicanangkan adalah membantu para mustahik yang kekurangan dalam hal fisik yaitu disabilitas. “Ini merupakan program pertama Baznas Provinsi Lampung dalam hal sinergi dengan Baznas Kabupaten/Kota di wilayah Lampung. Dan Kabupaten Pesisir Barat merupakan target pertama kami dalam penyaluran di Tahun 2021. Tidak berhenti disini harapan kami akan terus melakukan kerja sama dengan Baznas Kabupaten/kota lainnya untuk dapat menyalurkan dana ZIS,” ujar Nurkholis.

BACA JUGA:  Keliling Bandar Lampung, Arinal Djunaidi Serap Aspirasi Masyarakat

Nurkholis berharap Baznas Kabupaten/Kota di Lampung dapat mengajukan program-programnya mengingat Baznas Provinsi Lampung tidak memiliki wilayah dalam hal penyaluran. Tentunya akan disesuaikan dengan program utama Baznas Provinsi Lampung di tahun 2021.

Sementara itu, Plh Bupati Pesisir Barat Ir. N. Lingga Kusuma, MP yang diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Rizwar S.KM., MSi menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat menyambut baik serta ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bentuk perhatian dari kantor Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Lampung kepada Baznas Kabupaten Pesisir Barat berupa kursi roda dan alat bantu lainya kepada mustahik.

BACA JUGA:  Praka Bagas : “Mari Singsingkan Lengan Baju Kita Bantu Warga”

Keberadaan Baznas sebagai lembaga Pemerintah Nonstruktural di bawah naungan Kementerian Agama, merupakan instrumen untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat yang dikeluarkan masyarakat khususnya umat islam. Meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan di negara kita khususnya Kabupaten Pesisir Barat.

Kepedulian sosial dalam hidup masyarakat harus selalu dibina dan dilestarikan. Menyantuni anak yatim piatu dan memberikan bantuan pada orang yang lemah ekonominya harus dikembangkan dan disukseskan. Badan Amil Zakat adalah organisasi pengelola zakat yang dibentuk oleh pemerintah yang terdiri dari unsur masyarakat dan pemerintah dengan tugas mengumpulkan, mendayagunakan, mendistrbusikan zakat sesuai ketentuan agama dan perundang-undangan yang berlaku.

Ketua Baznas Kabupaten Pesisir Barat Zikrullah, mengucapkan terimakasih kepada Baznas Provinsi Lampung yang telah menyalurkan bantuan berupa 26 Kursi Roda dan 134 Tongkat kepada mustahik se-Kabupaten Pesisir Barat.

BACA JUGA:  Terus Dipersiapkan, Prasasti Peresmian Proyek TMMD 

Zikrullah menyampaikan bantuan ini bukan merupakan program kerja dari Baznas Pesisir Barat di Tahun 2021, namun kegiatan ini terinspirasi pada saat Baznas menyalurkan dana ZIS pada Januari sebanyak 1200 kaum dhuafa di beberapa daerah di Pesisir Barat. Pada kegiatan itu, mendapati beberapa orang yang mengalami masalah dalam hal disabilitas dan kesulitan berjalan. Untuk itu, lanjut Zikrullah, Baznas memberi instruksi kepada staf untuk mendata di 11 Kecamatan yang ada di Pesisir Barat dan layak diberikan bantuan berupa Kursi Roda dan Tongkat.

Kegiatan penyerahan kursi roda dan tongkat dari Baznas Provinsi Lampung dan Baznas Kabupaten Pesisir Barat dilanjutkan di Pekon Way Sindi Kecamatan Karya Penggawa.

Masyarakat yang menerima bantua kursi roda dan tongkat sangat terharu. Mereka mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan Baznas. Karena bantuan ini sangat bermanfaat bagi warga disabilitas karena membantu mereka dalam berativitas. (Red)

About admin

Check Also

Carut Marut Pertanahan Jadi Isu Strategi, Dendi Minta Diselesaikan

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN- Carut marutnya legalitas atas hak kepemilikan lahan tanah menjadi isu strategi di Kabupaten …