Senin , April 19 2021
Home / Nasional / Daya Tarik Industri Gerabah Di Tengah Lokasi TMMD Ke- 110 Kodim Bojonegoro

Daya Tarik Industri Gerabah Di Tengah Lokasi TMMD Ke- 110 Kodim Bojonegoro

LAMPUNG1.COM, BOJONEGORO – Terciptanya kesejahteraan masyarakat merupakan tujuan utama dari TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 110 Tahun 2021 Kodim 0813 Bojonegoro Jawa Timur. Sehingga seluruh personel Satuan Tugas (Satgas) yang terlibat di lokasi sasaran juga menginginkan dapat mengangkat potensi- potensi yang ada di desa setempat.

Diketahui, Desa Jatimulyo, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro adalah salah satu lokasi sasaran TMMD ke- 110 Kodim 0813. Di sana memiliki 12 Rukun Tetangga (RT) dan 6 Rukun Warga (RW) tersebar di 3 (tiga) pedukuhan/dusun, di antaranya Dusun Nglambangan, Kalongan, dan Kramanan.

BACA JUGA:  Program Aladin, Satgas TMMD Bojonegoro Plester Lantai Rumah Lasmin

Desa dengan jumlah penduduk sebanyak 3.409 jiwa ini dipimpin Kepala Desa (Kades) Koso, S.H. Di salah satu Dusun terdapat potensi usaha yang dikembangkan warga dan telah memiliki produk berkualitas.

“Di dusun Kramanan tepatnya di lingkungan RT 12 RW 06 terdapat industri gerabah. Usaha tersebut ditekuni oleh salah satu warga yang hingga saat ini telah menghasilkan berbagai produk,” terang Koptu Kasturi, Sabtu (20/2/21).

BACA JUGA:  Ini Upaya Tekan Kecelakaan & Pelanggaran Lalulintas Di Lampung Timur

Di tengah kesibukannya, personel Satgas TMMD ke- 110 Kodim Bojonegoro, bersama Sertu Sumarno, meluangkan waktu dan sengaja melihat dari dekat industri kerajinan gerabah yang ada di sana. Sebagai bukti bahwa masih banyak potensi-potensi usaha warga yang patut dikembangkan.

Hasil industri gerabah yang ditekuni seorang warga Dusun Kramanan bernama Tari (54) ini, sangat perlu dijadikan ikon. Dari keterampilan tangan wanita paruh baya itu, terbukti dapat menghasilkan berbagai alat rumah tangga serta sovenir yang berbahan dasar dari tanah.

BACA JUGA:  Serda Taufan : Rasa Lelah Tidak Harus Melupakan Kewajiban

“Kedatangan kami ini hanya sebagai wujud kepedulian guna memberikan motivasi kepada pelaku industri gerabah di dusun Kramanan. Agar terus berkarya dan menghasilkan produk gerabah unggulan sehingga mampu bersaing dengan daerah luar Bojonegoro,” ujarnya.

Di akhir, Koptu Kasturi mengatakan bahwa pada kegiatan TMMD ke- 110 ini, ia tak akan berhenti melakukan komunikasi sosial bersama masyarakat dan tetap akan memberikan hal-hal yang bermanfaat. (Red)

About admin

Check Also

Cegah ASN Bolos, Pemkab Lampung Selatan Akan Terapkan Absensi Online Berbasis Aplikasi GPS

LAMPUNG1.COM,  Lamsel– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan menerapkan sistem absensi online berbasis aplikasi yang dilengkapi Global Positioning System (GPS). Hal …