Senin , April 19 2021
Home / Ruwa Jurai / Kota Bandar Lampung / Gubernur Lampung Lantik dan Ambil Sumpah Tujuh Kepala Daerah Hasil Pilkada 2020

Gubernur Lampung Lantik dan Ambil Sumpah Tujuh Kepala Daerah Hasil Pilkada 2020

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung – Tujuh kepala daerah di Lampung dilantik dan diambil sumpah oleh Gubernur Arinal Djunaidi, Jum’at (26/2/2021). Ketujuh kepala daerah tersebut merupakan hasil Pilkada serentak 2020. Hanya Kabupaten Pesisir Barat yang tidak ikut pelantikan lantaran masih dalam proses hukum di Mahkamah Konstitusi.

Tujuh Kepala daerah yang dilantik yakni,

Kota Bandar Lampung Eva Dwiana-Deddy Amrullah yang terpilih dengan kemenangan mutlak mengalahkan dua calon lain, Yusuf Kohar dan Rycko Menoza. Pasangan Eva-Deddy sempat didiskualifikasi oleh KPU berdasarkan putusan Bawaslu, namun berhasil menang banding di Mahkamah Agung.

Lampung Selatan Nanang Ermanto-Pandu Kesuma Dewangga yang sempat digugat oleh pasangan Tony-Hipni ke MK, namun MK menolak gugatan Tony.

Kota Metro Wahdi-Qomaru Zaman. Wahdi yang seorang dokter berhasil mengalahkan tiga paslon lain dengan jalur independent.

Lampung Timur Dawam Raharjo-Azwar Hadi yang diusung PKB, GOLKAR dan PAN dan berhasil menang melawan calon incumbent Zaiful Bukhori-Sudibyo dan Yusron.

Pesawaran, Dendi Ramadhona-Marzuki yang menang melawan Nasir. Tidak adanya gugatan dari pihak Nasir, membuat Dendi menduduki jabatannya dua periode.

Way Kanan Raden Adipati Surya-Ali Rahman yang perjalanannya sempat terganggu karena wakilnya Edwar meninggal dunia karena Covid-19, tapi Adipati – Ali Rahman berhasil mengalahkan pasanga Jupriyus-Rina.

Lampung Tengah Nusa Ahmad-Ardito. Pasangan ini melawan mantan istri bupati Nesi Mustafa dan incumbent Lukman Djoyo Soemarto. Tapi, Nusa Ahmad-Ardito berhasil menang dalam proses hukum di MK.

Untuk Kabupaten Pesisir Barat, pihak Pemprov masih menyiapkan PLH Bupati karena Pilkada di Pesisir Barat masih bersengketa di Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi.

Tim redaksi LAMPUNG1.COM mengucapkan selamat atas dilantiknya tujuh kepala daerah. Selamat bekerja dan semoga bisa mengemban amanah dengan baik. (Red)

About admin

Check Also

Berbuat Kebaikan Dibulan Ramadhan, Babinsa Kodim 0429/Lamtim Bagikan Sembako Dan Santunan

LAMPUNG1.COM,Lampung Timur, Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran Kodim 0429/Lamtim terus manfaatkan momen Ramadhan 1442H untuk …