Minggu , Juli 25 2021
Home / Ruwa Jurai / Kota Bandar Lampung / Kelangkaan Pupuk, Fraksi PKS Sebut Ini Perlu ke Menteri

Kelangkaan Pupuk, Fraksi PKS Sebut Ini Perlu ke Menteri

LAMPUNG1.COM, BANDARLAMPUNG-Kelangkaan pupuk menjadi perhatian serius Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung. Kali ini Rapat Dengar Pendapat (RDP) belum lama ini bersama Dinas Pertanian Provinsi Lampung.

Melalui Komisi II DPRD setempat, Fraksi PKS menyebut kelangkaan pupuk belum selesai. Ini justru adanya wacana akan di kuranginya pupuk bersubsidi.

” Di mana kebutuhan pupuk sangat mempengaruhi produktivitas tanaman, baik dari harga maupun jumlahnya. Ini hal yang serius untuk bersama kita sampaikan ke Kementerian,” ujar Zunianto.

BACA JUGA:  Masyarakat Ngrancang : Normalisasi Sungai Dapat Minimalisir Banjir Luapan

Menurut Fraksi PKS bahwa terkait kelangkaan pupuk yang terjadi akhir-akhir ini di petani merupakan masalah klasik dari dulu belum terselesaikan.

” Meski wacana swasembada pangan di suarakan pemerintah. Justru masih terjadi,” kata Zunianto, belum lama ini saat membahas ketersediaan dan alur pendistribusian pupuk dari produsen hingga sampai ke masyarakat.

Termasuk sambung Zunianto, terkait program Kartu Petani Berjaya merupakan program andalan gubernur. Kartu ini menjadi salah satu pintu petani untuk mendapatkan pupuk bersubsidi dengan menggunakan aplikasi.

BACA JUGA:  Ekonomi Warga Diharapkan Meningkat Dengan Digelarnya TMMD Desa Sendang kulon

” Justru itu petani banyak yang gagap teknologi untuk itu perlu kadis mendampingi melalui penyuluh petani fakta dilapangan masih banyak petani belum terdaftar KPB,” ujarnya.

Untuk itu, tambah Zunianto, berharap kepada Kadis Pertanian untuk mensosialisasikan dan cara pengguna aplikasi KPB karena petani masih banyak gagap teknologi.

” Terkait kuota pupuk subsidi sebesar 36%, berdasarkan data jumlah petani dan kelompok tani. Itu sudah terdata dalam RDKK tapi harus benar-benar valid karena itu menjadi acuan pengajuan jumlah pupuk bersubsidi,” tandasnya. (red).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Letkol Kav Joko Sunarto Terjun Langsung Lakukan Jemput Bola Vaksinasi Ke Masyarakat

LAMPUNG1.COM,Tulang Bawang – Guna mendukung Pemerintah pusat maupun daerah Komandan Kodim 0426/Tulangbawang Letkol Kav Joko …