Kamis , Juli 29 2021
Home / Ruwa Jurai / Pesawaran / Batumenyan Ditetapkan Sebagai Kampung KB

Batumenyan Ditetapkan Sebagai Kampung KB

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Pemerintah Kabupaten Pesawaran mencanangkan dan menetapkan Desa Batumenyan sebagai Kampung KB pada Jum’at (09/04/2021), bertempat di Dusun Ketapang, Desa setempat, Kecamatan Teluk Pandan.

Pencanangan ini melalui Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesejahteran Rakyat Sekdakab Pesawaran, Drs. Syukur, mewakili Bupati Hi. Dendi Ramadhona Kaligis menyampaikan, ini program terpadu dan lintas sektor, bukan hanya pembentukan kampung KB terpadu saja, tapi pembinaan kegiatan-kegiatan PKK tingkat Kabupaten Pesawaran.

” Hal itu untuk 11 kecamatan, 144 desa termasuk didalamnya Desa Batumenyan dengan melibatkan lintas sektor secara sistematik,” ujar Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Sekdakab Pesawaran, didampingi Kadis PP dan KB Kabupaten Pesawaran, Maisuri, SE, Camat Teluk Pandan, Zulkifli Nuh dan Kades Batumenyan, Jamalludin.

BACA JUGA:  Arinal : Jangan Lupakan Dunia Pertanian

Menurutnya, kampung KB ini merupakan gagasan Presiden RI, Joko Widodo sebagai pembangunan nasional yang berawal dari desa di dalamnya ada lintas sektor dari kesehatan, pertanian, dan pendidikan. Bertujuan untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat kampung atau desa sehingga terwujudnya kesejahteraan masyarakat itu bisa tercapai.

” Kampung KB ini lebih fokus pada masyarakat tidak memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan, terutama
masyarakat kurang mampu. Tentunya,
selain fasilitas kesehatan, juga ada unsur kesehatan di sektor PKK, yakni Posyandu Puskesmas,” jelas Syukur.

BACA JUGA:  Penyelesaian Semua Sasaran Fisik TMMD Pantirejo Hampir Capai 50 %

Sementara itu, Kadis PP dan KB Kabupaten Pesawaran, Maisuri, SE menyampaikan, tolak ukur dari keberhasilan kampung KB itu adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas menuju keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera.
” Jadi pembinaan ini secara terpadu, lintas sektor yang di dalamnya ada program Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana menuju keluarga yang berkualitas, bahagia dan sejahtera,” jelas Maisuri.

Dalam kesempatan itu juga Camat Teluk Pandan Zulkifli menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dicanangkannya Desa Batumenyan sebagai Kampung KB.

BACA JUGA:  Danrem Bangga Dengan Semangat Satgas TMMD Kodim Kendal

” Mudah-mudahan ini bisa menambah wawasan masyarakat di Kecamatan Teluk Pandan, khususnya Desa Batumenyan tentang pembangunan berwawasan kependudukan,” tandas Minak Zul, sapaan akrabnya.

Kades Batumenyan, Jamalludin, menyambut baik dan terima kasih atas kunjungan pembinaan Desa Batumenyan yang telah dicanangkan sebagai kampung KB.

” Ini adalah menjadi motivasi dan edukasi desa kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan pelayanan masyarakat dalam sektor kesehatan, pendidikan maupun pertanian sehingga dapat terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” pungkas Kades Batumenyan. (Wahyudin).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Antusiasme Masyarakat Distrik Aimas Dalam Serbuan Vaksinasi Yang Digelar TNI AL Wilayah Sorong

LAMPUNG1.COM –┬áProgram vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat maritim masih terus berjalan hingga akhir Juli, kali ini …