Minggu , Mei 9 2021
Home / Ruwa Jurai / Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus Hadiri Rapat Paripurna DPRD

Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus Hadiri Rapat Paripurna DPRD

LAMPUNG1.COM, Tanggamus – Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanggamus. Masa Sidang Ke II Tahun 2021 Yang di buka langsung oleh Ketua DPRD Heri Agus Setiawan S.sos. Rapat tersebut dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus Hj.Dewi Handajani dan Hi. AM Safi’i, Sekretaris Daerah Hamid H. Lubis, para Asisten, , Beberapa Staf Ahli, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan S.sos, Beserta 41 Anggota DPRD Kab.Tanggamus, Forkopinda, Beberapa OPD dan Camat Se-kabupaten Tanggamus. Di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Tanggamus Jum’at (16/4/ 2021).

Dalam Pembahasan Tersebut ada Beberapa Agenda Pembahasan antaralain
1.Rapat Paripurna Penyampaian Usulan dan Penandatanganan MoU Perubahan PROPEMPERDA Tahun 2021.
2. Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Pembahasan Pansus, Rencana Persetujuan DPRD dan Pendapatan Akhir Bupati Terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Bupati Tanggamus Tahun 2020.
3. Rapat Paripurna Internal DPRD Kabupaten Tanggamus.

BACA JUGA:  Ini Alasan Bupati Lampung Timur Jalan Kaki

Dalam penyampaiannya, “sebagaimana diamanatkan undang-undang nomor : 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Disebutkan bahwa “Kepala Daerah mempunyai kewajiban untuk memberikan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kepada Pemerintah dan memberikan laporan keterangan pertanggungjawaban kepada DPRD serta mengkonfirmasi laporan penyelenggaraan Pemerintah Daerah kepada masyarakat” hal ini perlu dilakukan sebagai Pengejawantahan Pilar Pemerintah,. Baik melalui Konsep Akuntabilitas serta transparansi yang ditujukan kepada Penyelenggara Pemerintah Daerah.

Dimana pemberian kewenangan yang luas kepada Pemerintah Daerah, harus diimbangi dengan pertanggungjawaban terhadap segala kebijakan tindakan dan keputusan yang diambil dalam rangka mewujudkan Visi Misi yang telah ditetapkan.

Selain itu berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 2019 Tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, juga ditegaskan bahwa Laporan Keterangan Pertanggung jawaban Kepala Daerah kepada DPRD adalah bersifat progress refort terhadap pelaksanaan tugas selama satu tahun anggaran yang telah berjalan”tuturnya.

BACA JUGA:  Hati-Hati, Penyakit DBD Mulai Mewabah Di Lampung Timur

Lanjut Bupati. “Dan beberapa waktu yang lalu, yaitu tanggal 1 April 2021. Saya telah menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Tanggamus Tahun 2020 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang terhormat, sebagai Bahan Evaluasi terhadap Kinerja yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah selama tahun 2020.

Selanjutnya, sebagaimana kita ketahui bahwa sejak disampaikan LKPj Bupati Tanggamus ini, maka telah dievaluasi dan dibahas bersama oleh DPRD Kabupaten Tanggamus. Yang keputusannya telah pula disampaikan oleh DPRD Kabupaten Tanggamus.
Jika selama ini masih terdapat Ego Sektoral yang berakibat pada kurang konsisten nya pencapaian kinerja RPJMD Kabupaten Tanggamus dan 55 Program Aksi Kepala Daerah, maka diharapkan hal tersebut dapat diluruskan kembali agar proses pembangunan di Kabupaten Tanggamus berjalan secara sistematis dan sesuai dengan rambu-rambu yang ada.

BACA JUGA:  Kegembiraan Bu Tati Tampak Jelas Ketika Rumah Barunya Selesai Direnovasi Oleh TNI

Perlu juga saya sampaikan bahwa dibalik beberapa kelemahan dalam pelaksanaan pembangunan tahun 2020 yang lalu tentu terdapat kemajuan dan keberhasilan di berbagai bidang pembangunan yang telah kita capai.
Tentunya kemajuan dan keberhasilan tersebut merupakan Hasil Karya dari kita semua. Baik dari kalangan Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif serta segenap Elemen masyarakat Kabupaten Tanggamus.

Selain itu berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 2019 Tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah juga ditegaskan bahwa Laporan Keterangan Pertanggung jawaban Kepala Daerah kepada DPRD bersifat progress report terhadap pelaksanaan tugas selama satu tahun anggaran yang telah berjalan”ujarnya.(Adi)

About admin

Check Also

Terkait Kasus Covid19 Lampura Masuk Skala Nasional

LAMPUNG1.COM,KOTABUMI – Bupati Lampung Utara (Lampura) Hi. Budi Utomo, S.E., M.M., menghadiri apel Operasi Ketupat …