Kamis , Juli 29 2021
Home / Ruwa Jurai / Pesawaran / Diterapkan 2022, Desa Pesawaran Belajar SDGs

Diterapkan 2022, Desa Pesawaran Belajar SDGs

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-SDGs menyasar desa Pesawaran menuju pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021, secara pelaksanaan diterapkan tahun 2022.

Hal tersebut terungkap dalam pembekalan operator, dan sekretaris desa, Kamis (08/04/2021) di Kecamatan Teluk Pandan, bertempat di Balai Desa Sidodadi. SDGs itu sendiri adalah
Sustainable Development Goals.

” Hal ini dengan 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa, sebagaimana merujuk Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021,” ujar Abdi Timur, salah satu Tenaga Ahli Infrastruktur Kabupaten Pesawaran.

BACA JUGA:  Dibawah Kepemimpinan Peratin Ahim Abdiyani Pembangunan Pekon Sukamarga Berkembang Pesat (ADV)

Untuk itu, lanjut Abdi, pembekalan diberikan kepada peserta yang kebanyakan operator dan sekretaris desa di Kecamatan Teluk Pandan, sebelumnya sudah dilaksanakan di Kecamatan Padang Cermin dan Kecamatan Punduh Pidada.

” Namun demikian diikuti kecamatan lainnya di Pesawaran, yang akan dilakukan pendamping Kecamatan dengan berharap bisa kekejar sebelum tanggal 31 Mei 2021,” kata dia saat itu bersama Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pesawaran,
Dwi Hartadi.

BACA JUGA:  603 ASN Di Lampung Timur, Naik Pangkat

Menurutnya, pembekalan diberikan tentang pengetahuan tata cara pengisian aplikasi pendataan SDGs. Seperti diketahui bahwa data adalah merupakan sumber untuk penyusunan RKPDesa tahun 2022 nanti. Saat ini dibekali dengan pembelajaran penyusunan pendataan melalui aplikasi.

” Sehingga ini merupakan suatu hal kewajiban untuk menguasai aplikasi yang sifatnya user. Artinya mudah digunakan, hanya harus lebih teliti dalam membaca pertanyaan-pertanyaan yang muncul di aplikasi tersebut,” jelas Abdi, turut hadir Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar Kabupaten Pesawaran, Indra Gunawan, dan Pendamping Desa Kabupaten Pesawaran, Irma Damayanti.

BACA JUGA:  Polsek Baradatu Beri Sanksi Pelanggar Prokes Covid 19

Karena itu, Abdi menambahkan, ini hanya tinggal mengisi dan memilih, tidak perlu sulit untuk mengoperasikan aplikasinya. Jadi, mudah-mudahan dengan target waktu. Ini bisa dicapai oleh kawan-kawan nanti yang turun melakukan pendataan.

” Pendataan ini nanti dilakukan kawan-kawan tim relawan desa dengan melakukan survei ke masing-masing kepala keluarga dan anggota keluarga. Pendataan langsung isikan di angket maupun di aplikasi yang diberikan atau dikeluarkan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi,” tandasnya. (Wahyudin).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

BPNT di Kecamatan Padang Ratu Diduga Dimonopoli

LAMPUNG1.COM, Lampung Tengah – Pencairan bantuan pangan non tunai (BPNT) bagi warga kurang mampu di …