Selasa , Agustus 3 2021
Home / Ruwa Jurai / Kota Bandar Lampung / Hannibal: Benar, Dispora Sudah Kucurkan Anggaran Untuk KONI Untuk Persiapan PON

Hannibal: Benar, Dispora Sudah Kucurkan Anggaran Untuk KONI Untuk Persiapan PON

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Lampung Hannibal SH MH, menyatakan benar bahwa Dispora telah mencairkan sebagian anggaran Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung. Hal tersebut sesuai dengan kebutuhan dan pengajuan yang diberikan kepada KONI.

Ini diungkapkan Hannibal usai menghadiri rapat koordinasi dengan seluruh manajer cabang olahraga lolos PON yang juga dihadiri Ketua Umum KONI Lampung, Prof Dr Ir Yusuf S. Barusman MBA di ruang rapat UBL Bandarlampung, Rabu 28 April 2021.
Hannibal sekaligus menjelaskan hasil hearing dengan komisi V DPRD Provinsi Lampung beberapa waktu sebelumnya, menegaskan, anggaran untuk KONI Lampung ini sifatnya Hibah, bukan seperti OPD dan Dinas lainnya. Hibah KONI yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi melalui Dispora Provinsi Lampung.

BACA JUGA:  Berharap Ada "Kejadian" Lain saat Tugas TMMD

“Sesuai dengan pengajuan tahap pertama dari KONI Lampung, maka anggaran tersebut dicairkan sebesar 30 miliar rupiah. Dalam pengajuan tersebut tercatat daftar penggunaan, yaitu biaya Pemusatan Latihan Provinsi/Daerah (Pelatprov), Peralatan, Try-out atlet ke daerah lain bahkan ke luar negeri, Honor Atlet, Pelatih, Wasit dan lainnya seperti kebutuhan rutin Kantor KONI.” Katanya.

Untuk tahap pertama dan kegiatannya sudah berjalan sejak Januari sampai April 2021. Anggaran itu juga akan dipergunakan untuk persiapan menghadapi PON XX 2021 Papua.
Hannibal menambahkan, seluruh anggaran KONI di tahun 2021 ini adalah 60 miliar. Dana tersebut diperuntukkan bagi persiapan cabang olahraga menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 di Papua.

BACA JUGA:  Gubernur Arinal Dampingi Kunjungan kerja 2 Menteri di Kabupaten Tanggamus

Penggunaan dana Rp30 miliar pertama, dialokasikan untuk persiapan KONI dengan 26 cabang olahraga lolos PON, baik untuk peralatan dan lainnya sesuai kebutuhan dari cabang olahraga dan kebutuhan pelatihan atlet masing-masing Cabor, jelas Ketua Umum Forki Lampung itu.

Menyangkut laporan penggunaan anggaran tersebut, menurut Hannibal dana yang diterima oleh KONI dari Pemerintah Provinsi Lampung. KONI tugasnya membantu Pemerintah dalam kegiatan olahraga prestasi oleh karenanya dana hibah yang mereka terima, tentunya dilaporkan kepada Pemerintah Daerah/Provinsi.
“KONI bertugas membantu Pemerintah dalam urusan olahraga prestasi. Mereka mendapatkan anggaran dari Pemerintah berupa Dana Hibah. KONI berkewajiban melaporkan penggunaan anggaran tersebut, tentunya sesuai dengan pengajuannya,” tambah Hannibal. (Red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Berikan Pelayanan Cepat, Tepat Dan Anti KKN, Kapolda Lampung Resmikan “METRO BISA”

LAMPUNG1.COM  – Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno, meresmikan gedung Pelayanan Terpadu Polres Metro dan …