Minggu , Juli 25 2021
Home / Ruwa Jurai / IWO Tanggamus Ikuti Vaksinasi Covid-19

IWO Tanggamus Ikuti Vaksinasi Covid-19

LAMPUNG1.COM, Tanggamus – Puluhan wartawan Kabupaten Tanggamus baik yang tergabung dalam organisasi wartawan ataupun non organisasi antusias ikuti vaksinasi covid -19 dosis I Sinovac yang didata oleh Pemerintah Kabupaten Tanggamus difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Tanggamus, giat dilaksanakan dari tanggal 8 hingga 9 April 2021 di Puskesmas Pasar Simpang kecamatan Kotaagung Timur.

Diantaranya para anggota Organisasi Ikatan Wartawan Online (IWO) Tanggamus yang juga mengikuti vaksinasi covid-19 dosis I.
Sementara itu Odo Kuswantoro, S.Kom. usai mengikuti vaksin, mengajak para wartawan yang belum divaksin untuk ikut. Sebab ini semua merupakan upaya memutus mata rantai penyebaran covid -19.

“Dan meskipun sudah divaksin, bukan berarti kita bisa abaikan prokes. Nggak begitu ya. Meskipun sudah divaksin, prokes ketat tetap harus dipatuhi,” ujarnya

BACA JUGA:  Dari RTLH Rumah Soleh Menjadi Bersih dan Rapi

Jika nanti tiba waktunya vaksinasi bagi masyarakat umum, Odo Kuswantoro mengimbau masyarakat umum tidak takut divaksin. Dengan demikan, program pemerintah memerangi pandemi covid-19 ini bisa berhasil.

“Kami juga mengapresiasi Pemkab Tanggamus yang telah menyediakan kuota vaksinasi bagi para wartawan. Semoga kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh rekan-rekan wartawan untuk ikut vaksinasi dosis satu Sinovac” tutupnya.

Sekretaris Pimpinan Daerah Ikatan Wartawan Online (PD IWO) Agus Nurmanto mengatakan, ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum para jurnalis divaksin. Tahap pertama, mereka diminta menunjukkan e-KTP. Kemudian mengisi formulir. Berikutnya, bergeser ke tahap kedua: pemeriksa tekanan (tensi) darah dan pemindaian suhu tubuh oleh petugas medis.

Setelah tahap pemeriksaan tekanan darah dan scanning suhu tubuh dinyatakan layak, maka wartawan dipersilakan ke tahap ketiga screenning.

BACA JUGA:  Gubernur Ridho Ficardo Resmikan Lampung Elephant Park

“Setelah dinyatakan layak, lantas kami diminta mengisi dan menandatangani sebuah agreement vaksinasi. Berikutnya kami antre untuk masuk ke ruang vaksinasi dosis I. Tahap terakhir setelah vaksin Sinovac diinjeksi ke dalam tubuh, kami bergerak ke ruangan tengah. Di sana adalah tahap observasi selama tiga puluh menit. Usai observasi setengah jam itu, kami mendapatkan surat keterangan yang menyatakan telah divaksin dosis I,” ujarnya.

Penanggungjawab Program Vaksinasi COVID-19 Puskesmas Pasar Simpang Dwi Widia Astuti menjelaskan, keluhan yang dirasakan oleh para wartawan Tanggamus pasca-vaksin, merupakan efek umum dan normal. Dia menyebutkan, selama dua hari jadwal vaksinasi Sinovac dosis I untuk jurnalis Tanggamus, diikuti 39 wartawan.

BACA JUGA:  Satgas TMMD 110 Sosialisasi Edukasi Pangan Jajanan Anak Sekolah

“Secara umum berjalan lancar , tinggal tunggu jadwal untuk vaksinasi dosis II. Untuk vaksin dosis II, intervalnya 14-28 hari ke depan. Nanti diberikan informasi kembali,” ujar Dwi, mewakili Kepala UPT Puskesmas Pasar Simpang, dr Linda M. Aritonang.

Tahap observasi selama 30 menit, Dwi memaparkan, bertujuan melihat apakah ada gejala berat yang timbul pasca-vaksin saat itu. Selain itu, Puskesmas Pasar Simpang juga melampirkan kontak nomor yang harus dihubungi jika timbul gejala berat lainnya setelah lewat masa observasi.

“Bagi wartawan Tanggamus yang belum divaksin, akan ditentukan jadwal berikutnya. Sebab ini terkait dengan teknis penggunaan vaksin. Saat sudah dibuka, maka vaksin maksimal hanya bertahan selama enam jam di luar kotak pendingin,” pungkas Dwi.(Adi)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Letkol Kav Joko Sunarto Terjun Langsung Lakukan Jemput Bola Vaksinasi Ke Masyarakat

LAMPUNG1.COM,Tulang Bawang – Guna mendukung Pemerintah pusat maupun daerah Komandan Kodim 0426/Tulangbawang Letkol Kav Joko …