Minggu , Mei 16 2021
Home / Ruwa Jurai / Pesawaran / Kartu Identitas Anak di Pesawaran Capai 23 Persen, Disdukcapil Ini Syaratnya

Kartu Identitas Anak di Pesawaran Capai 23 Persen, Disdukcapil Ini Syaratnya

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Pentingnya kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) sebagaimana Permendagri Nomor 2 tahun 2016, Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pesawaran memastikan hal tersebut, bahkan menurutnya hingga tahun 2021 baru mencapai 23 %.

” Ya itu pencapaian kepemilikan KIA di Pesawaran dari 30 % yang ditargetkan
Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil ( Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri,” ujar Kepala Bidang Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Bunyamin mewakili Kepala Disdukcapil Kabupaten Pesawaran Ketut Partayasa saat dihubungi lampung1.com, Kamis (22/04/2021).

Bunyamin melanjutkan, pihak sudah melakukan berbagai sosialisasi sejak tahun 2016-2017. Di Tahun 2019-2021 ini enggak turun karena masa pandemi covid-19.

BACA JUGA:  Satgas Terus Berkoordinasi, Demi Sempurnanya Jalan TMMD

” Dari sebelumnya berbagai macam kesempatan di beberapa tempat terus melakukan sosialisasikan baik para Kabid, kasi hingga pak Kadis hingga pertemuan dengan pak Bupati, termasuk dalam pertemuan di kampung KB,” ujar Bunyamin.

Bahkan juga sambung Bunyamin, sosialisasi pun telah dilakukan ke beberapa pertemuan lainnya kepada masyarakat bersama Kepala Desa. Sama layaknya dengan dokumen lainnya melalui banner-banner sesuai Permendagri.

” Tentunya itu sudah berjalan sesuai data permohonan masuk hingga 30-40 perhari, tapi kalau kita mengharapkan banyak, enggak mungkin. Karena melihat kondisi seperti ini, apalagi sekolah-sekolah pada tutup, tetapi kami juga sudah sosialisasi melalui beberapa PAUD sehingga belum masif,” ujarnya.

BACA JUGA:  Peduli Covid-19, Bupati Dendi Santuni Anak Yatim dan Kaum Duafa

Untuk itu, lanjut Bunyamin mengimbau kepada masyarakat untuk warga Pesawaran yang mempunyai anak usia dibawah 17 tahun (usia 0-17 tahun) belum memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) segera mengurusnya bisa melalui sekolah, aparat desa, ataupun mungkin secara personal sendiri-sendiri datang langsung ke Disdukcapil Pesawaran.

” Kami siap memberikan pelayanan, terkait peralatan cukup, blangko cukup, tidak ada kendala, asalkan masyarakat berangkat ke Capil baik secara kolektif maupun perorangan tetap kita layani,” terangnya.

BACA JUGA:  Menteri Koperasi dan UKM Dukung Penuh Program Gubernur Arinal dalam Mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19

Bunyamin menambahkan, bagi yang miliki anak usia 0 sampai 5 tahun tidak mencantumkan foto anak, dan KIA untuk kelompok usia 5-17 tahun menampilkan foto pemiliknya.

” Jangan lupa membawa syarat kelengkapan pembuatan KIA yakni Akta kelahiran anak (asli dan fotokopi), KTP orangtua (asli), Kartu Keluarga atau KK (asli), Foto anak ukuran 2 x 3 untuk KIA 5-17 tahun,” tutupnya. (Wahyudin).

About admin

Check Also

Personil Kompi 2b Pelopor Melaksanakan PAM Arus Balik Hari Raya Idul Fitri 1442.

LAMPUNG1.COM –¬†Menindak lanjuti Nota Dinas Karo Ops Polda Lampung Nomor : B / ND- 100 …