Minggu , Agustus 1 2021
Home / Ruwa Jurai / Pesawaran / Kejar Target, Dishub Tarik Retribusi Pelabuhan Antar Pulau Pesawaran

Kejar Target, Dishub Tarik Retribusi Pelabuhan Antar Pulau Pesawaran

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN- Pemerintah Kabupaten Pesawaran melalui Dinas Perhubungan setempat menerapkan penarikan retribusi kepelabuhan dan penyebrangan air antar pulau di sejumlah wilayah destinasi wisata. Penerapan ini mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) di bidang sektor tersebut.

” Ya, benar. Itu kita terapkan, tapi masih uji coba, namun untuk penerapannya di dermaga 4 ketapang milik Pemda,” ujar Kepala Bidang kepelabuhan Laut Dinas Perhubungan Kabupaten Pesawaran, Dariyo mewakili Kepala Dinas Perhubungan Pesawaran Ahmad Syafei, Sabtu (10/04/2021) didampingi Kepala UPTD Kepelabuhan Laut Dishub Provinsi Lampung, Maryanto.

Menurutnya, nantinya itu juga diberlakukan kepada objek retribusi di sektor kepelabuhan dan penyebrangan sesuai peraturan Bupati (Perbup) yang sudah disosialisasikan kepada pelaku usaha wisata dan masyarakat.

BACA JUGA:  PPKM Diperpanjang, Dendi Tekan Lonjakan Kasus Corona Jelang Lebaran

” Pemberlakuan itu utamanya di Dermaga 4 milik Pemda, dan dermaga 1, 2, maupun dermaga 3 yang akan dilakukan Memorendum Of Understanding (MOU) karena itu milik pribadi yang akan melebarkan ke seluruh wilayah Pesawaran,” ujar Dariyo.

Kepala Bidang Kepelabuhan Laut Dinas Perhubungan Kabupaten Pesawaran menjelaskan, para pelaku usaha wisata dan masyarakat sangat merespon positif rencana tersebut untuk pengelolaannya diserahkan ke Pemda.

” Karena itu mereka tahu untuk kontribusi di bidang sektor tersebut yang sangat memberikan nilai positif untuk pembangunan infrastruktur, akses pelayanan destinasi wisata pantai maupun destinasi wisata antar pulau demi kenyamanan dan keamanan wisatawan,” jelas Dariyo.

BACA JUGA:  Prajurit Batalyon Infanteri 9 Marinir Bersama ACT Lampung & SP3T Gelar Dapur Qur'ban

Untuk itu, lanjut Dariyo, pengelolaan retribusi itu juga tentunya masuk ke kas daerah dengan harapan saling bersinergi dan bekerja sama dengan baik antara Pemda, pihak pelaku usaha wisata, masyarakat dan aparatur negara.

” Sehingga dari retribusi itu bisa membangun kebutuhan fasilitas pelayanan wisata maupun infrastuktur wisata, terlebih kebutuhan masyarakat daerah wisata,” jelasnya, saat itu bersama Babinsa Sertu Maradhona, Kanit Shabara, Niko, dan Babinkamtibmas, Briptu Migo, anggota PolAirud dan Shabandar.

Maka dari itu, Dariyo menerangkan, penerapan itu mengacu pada Peraturan Bupati Tentang Tata Cara Pemungutan Retribusi Pelayanan Kepelabuhan dan Retribusi Penyeberangan Air.

BACA JUGA:  Areal Perladangan Di Lampung Tengah, Jadi Lokasi Pemotongan Hewan Curian

” Tidak itu saja, kami itu juga menindaklanjuti Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Pesawaran Nomor 06 Tahun 2020 lalu untuk diberlakukan dan diterapkan agar masuk ke kas daerah,” terangnya.

Meski demikian, tambah Dariyo berharap target PAD dari sektor kepelabuhan dan penyeberangan air itu bisa tembus sesuai harapan bapak Bupati.

” Tentunya kami, dalam hal ini terus mendorong dan bekerja keras agar terwujudnya target PAD tersebut, sebagaimana harapan bapak Bupati,” tandas Kabid Kepelabuhan Laut Dinas Perhubungan Kabupaten Pesawaran itu. (Wahyudin).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Pastikan Ketersedian Beras, Nanang Ermanto Cek Gudang Bulog di Sragi

LAMPUNG1.COM, Lamsel – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto bersama sejumlah pejabat terkait melakukan pengecekan beras …