Minggu , Juli 25 2021
Home / Ruwa Jurai / Pesawaran / OJK Dorong Peningkatan Pasar Modal di Desa

OJK Dorong Peningkatan Pasar Modal di Desa

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN- Industri pasar modal merupakan salah satu industri, meski demikian Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Lampung terus mendorong peningkatan baik literasi maupun inklusinya. Hal ini mengingat tingkat literasi dan inklusi di pasar modal masih minim.

” Akselerasi literasi dan inklusi pasar modal diharapkan dapat didorong melalui pendirian Galeri Investasi di Desa,” ujar Kasubag Pengawasan Pasar Modal OJK Provinsi Lampung Milado Pani, mewakili Kepala OJK Provinsi
Lampung, Bambang Hermanto, saat sosialisasi di Balai Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Selasa (06/04/2021).

Sambung Melando, untuk itu pihaknya menyadari masyarakat desa memiliki kebiasaan menyimpan aset atau kekayaannya dalam bentuk barang simpanan (tidak produktif) yang potensi ini.

BACA JUGA:  Desa Kali Bening Bangun Jalan & Drainase, Dengan Dana Desa Tahun 2018

” Apabila disalahgunakan dapat menjerumuskan masyarakat desa ke dalam investasi illegal yang merugikan dan marak menyasar masyarakat yang belum memiliki pengetahuan mengenai investasi yang aman dan nyaman,” jelas dia.

Oleh sebab itu lanjut Melando, salah satu pilihan dalam berinvestasi adalah melalui industri pasar modal yang pada hari ini dihadirkan perwakilan BEI dan perwakilan PT Phintraco Sekuritas untuk dapat memberikan pengetahuan
mengenai investasi di pasar modal.

” Sebagai informasi, saat ini secara nasional sudah terdapat 550 Galeri Investasi dan 8 diantaranya terdapat di Provinsi Lampung yang 2 diantaranya berada di Desa,” terangnya.

BACA JUGA:  16 Satker & 5 Kecamatan Masih “Nunggak” SPJ Tahun 2016.

Lebih dari itu Melando memaparkan bahwa Pendirian Galeri Investasi Desa telah diimplementasikan di Desa Sidorejo dan Desa Titiwangi Kabupaten Lampung Selatan dengan jumlah total transaksi selama tahun 2020 telah mencapai Rp1.19 Milyar dari 592 investor.

” Maka dari itu, kami berharap kegiatan ini dapat bermanfaat dan memberikan pemahaman/pengetahuan lebih banyak kepada terkait pilihan berinvestasi dan tidak terjebak pada investasi bodong atau illegal,” urainya.

Melando menambahkan, masyarakat desa yang memiliki kelebihan dana mendapatkan pilihan lain dalam menginvestasikan dana yang dimiliki.

BACA JUGA:  Keluhan Masyarakat Belungkut, Dandim 0209/LB Langsung Terjun Serahkan Bantuan

” Selain menabung di Bank tetapi juga dapat berinvestasi secara aman dan legal di sektor pasar modal,” tandasnya saat itu dihadiri Sekcam Teluk Pandan, Hadi Jaya Kusuma, Kades Rio Remota, Ketua APDESI Teluk Pandan, A. Zaenuri, Kades Hurun, Aminudin, Direktur BUMDES, LPM dan Tim Penggerak PKK setempat.

Hadir pada acara tersebut Kepala BEI Perwakilan Lampung, Hendi Prayogi, Head of Business Development PT Phintraco Sekuritas, Ivan Chandra Putra,
Senior Executive Relationship PT Phintraco Sekuritas, Putri Tanjung. (Wahyudin).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Polres Lampung Timur Mulai Vaksinasi Massal COVID-19 Tahap Ke-2

LAMPUNG1.COM, Institusi Kepolisian bersinergi dengan Tim Terkait, mulai menggelar Vaksinasi Massal COVID-19 tahap ke-2, di …