Minggu , Mei 16 2021
Home / Ruwa Jurai / Kota Metro / Walikota Metro Dukung Pencegahan Potensi Korupsi Pada Dinas PMPTSP

Walikota Metro Dukung Pencegahan Potensi Korupsi Pada Dinas PMPTSP

LAMPUNG1.COM, Walikota Metro Dr Wahdi menyatakan sikap untuk senantiasa mendukung upaya-upaya pencegahan terjadinya potensi tindak pidana korupsi, pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpinnya.

Hal tersebut disampaikannya, saat menghadiri Sosialisasi Pendampingan Implementasi Fraud Control Plan (FCP), oleh BPKP Perwakilan Provinsi Lampung, pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) tahun 2021, di Aula Pemda Kota Metro, pada Rabu (14/4).

BACA JUGA:  Yongmoodo Anak Desa Bersama Abang-abang Satgas TMMD Banyumas

Wahdi berharap kegiatan tersebut dapat memberikan pemahaman tentang tindak pidana korupsi, khususnya mengenai pengembangan pengendalian yang dirancang BPKP yakni FCP, karena pejabat dan pegawai pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk mencegah terjadinya segala bentuk kecurangan, yang dituangkan dalam berbagai dokumen, seperti pakta integritas, pedoman perilaku dan pernyataan komitmen penerapan sistem kendali kecurangan.

“Semoga sosialisasi ini bermanfaat untuk mencegah potensi tindak pidana korupsi, khususnya pada Dinas PMPTSP Kota Metro,” tegas Wahdi.

BACA JUGA:  Ratusan Masyarakat Gabungan, Menolak Pengosongan Gedung Cawang Kencana

Pada kesempatan tersebut, Kepala BPKP Provinsi Lampung, Sumitro, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu follow up kebijakan prioritas nasional dari Presiden RI, antara lain yaitu pembangunan manusia, konektifitas pemerataan, nilai tambah ekonomi, insfrastruktur, regulasi dan pengendalian untuk mencegah, mendeteksi dan merespon kejadian berindikasi korupsi.

“BPKP merancang FCP untuk melindungi organisasi dari kemungkinan kejadian fraud (kecurangan), atau suatu pengembangan pengendalian yang dirancang secara spesifik untuk mencegah, mendeteksi dan merespon kejadian berindikasi fraud,” jelasnya. (Eko Arif)

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

3.250 Pemudik Rapid Test, 24 Diantaranya Positif Covid-19

LAMPUNG1.COM,Polri telah memutarbalikan 36.468 unit kendaraan terkait larangan mudik Lebaran Sabtu (15/4/2021). Dari jumlah tersebut …