Kamis , Juli 29 2021
Home / Ruwa Jurai / Pesawaran / Depankan Prokes, Tempat Wisata Di Pesawaran Kembali Dibuka 17 Mei 2021

Depankan Prokes, Tempat Wisata Di Pesawaran Kembali Dibuka 17 Mei 2021

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Tempat hiburan dan wisata pantai dan antar pulau di Kabupaten Pesawaran dibuka kembali mulai Senin (17/05/2021) setelah

berakhirnya liburan Idul Fitri 1442 H sesuai anjuran pemerintah.

Dibukanya tempat hiburan tersebut dengan syarat mengedepankan protokol kesehatan (Prokes), terlebih pengunjung wisata dibatasi kapasitas dari 30 hingga 50 persen.

” Ya, mulai Senin tertanggal 17 Mei 2021 sudah berakhir dan tempat wisata kembali dibuka untuk umum di Provinsi Lampung, khususnya di Kabupaten Pesawaran,” ujar Kabid Destinasi Wisata Dinas Pesawaran, Yudiana, kepada lampung1.com.

Untuk itu, sambung Yudiana, pihaknya menghimbau kepada pelaku wisata dan pengelola wisata agar dapat membuka destinasi wisata kembali dengan tetap
mengedepankan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

BACA JUGA:  TMMD Bojonegoro, Inilah Kemajuan Pembangunan Drainase Jatimulyo

” Ya mereka harus membatasi jam dan jumlah kunjungan hanya 25% hingga 50 % dari total kapasitas
pengunjung yang biasa ditampung caranya dengan menempatkan
Petugas Penghitung dari Destinasi Wisata bersangkutan di pintu masuk lokasi,” ujar dia.

Lanjut Yudiana, petugas di obyek wisata harus berperan aktif dalam menjaga dan mengingatkan pengunjung untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

” Tetapi itu juga jangan lupa memasang media informasi bagi pengunjung untuk selalu menerapkan 5 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Membatasi Mobilisasi). Terakhir menyediakan pos kesehatan dan ruang informasi,” ucapnya.

BACA JUGA:  Pemprov Lampung Akan Kerjasama Dengan PT. Bukit Asam

Menurutnya, penutupan sementara tempat wisata selama 4 hari (12-16) itu dilakukan dalam upaya untuk menghindari terjadinya cluster baru penyebaran Covid-19 sebagaimana surat edaran Gubernur Lampung dan Sekda Pesawaran.

” Jadi Sabtu kemarin (16/05/2021) merupakan hari terakhir penutupan sementara tempat wisata untuk kabupaten kota, termasuk di Kabupaten Pesawaran,” ujarnya.

Maka dari itu, ujar Yudiana, pihaknya meninjau langsung ke sejumlah tempat wisata pantai dan antar pulau di wilayah Pesisir, Kabupaten Pesawaran.

BACA JUGA:  Peratin Batu Kebayan Ajak Kelompok Tani Menanam Cabai Rawit Kamelia Untuk Memulihkan Prekonomian Dimasa Pandemi

” Peninjauan itu dilakukan kemarin pada hari Sabtu (16/05/2021) dan kami melihat langsung ke lokasi destinasi wisata pantai dan antar pulau di Pesawaran,” jelasnya.

Meski begitu, tambah Kabid, tempat wisata pantai dan antar pulau di Pesawaran ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit warga lokal maupun dari luar daerah Provinsi Lampung.

” Alhamdulillah tempat wisata terkondisi dengan baik dan kondusif. Kerumunan tidak terlalu banyak, biasa-biasa saja. Terima kasih kepada pelaku usaha wisata yang selama ini mengikuti anjuran pemerintah kabupaten Pesawaran,” tandasnya. (Wahyudin).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Dikepimpinan Dendi Ramadhona, Pesawaran Raih Penghargaan KLA 2021

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Kabupaten Pesawaran meraih Penghargaan KLA 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen …