Jumat , Juni 4 2021
Home / Ruwa Jurai / Kota Bandar Lampung / dr.Zam Zanariah Jadi Narasumber Pesantren Kilat di YouTube SMAN 5 Bandar Lampung

dr.Zam Zanariah Jadi Narasumber Pesantren Kilat di YouTube SMAN 5 Bandar Lampung

LAMPUNG1.COM – dr.Zam Zanariah,Sp.S.M.Kes menjadi narasumber dalam acara pesantren kilat ramadhan 1142H/2021M dilakukan secara hibrid 20 siswa tatap muka langsung diruang kelas dengan menerapkan prokes covid-19 dan 300 siswa mengikuti secara online di YouTube SMAN 5 Bandar Lampung, Rabu,(5/05/2021) .

Dengan mengangkat tema membentuk generasi unggul yang cerdas dan berbudi pekerti luhur, harapannya walau dimasa pandemi namun edukasi dan transfer ilmu terhadap siswa tetap harus berjalan, kata Dra.Hj.Hayati Nufus,M.Pd selaku kepala SMAN 5 Bandar Lampung.

BACA JUGA:  Tugu Prasasti TMMD Reg 109 Karanganyar Menjadi Primadona Berfoto Foto

dr.Zam memaparkan 10 manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan. “Berpuasa, bila tak dilakukan dengan baik, malah akan membahayakan. Namun sebaliknya, jika menjalankan puasa secara benar, akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh”,ujar dr.Zam.

Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa sesungguhnya tubuh kita melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat/racun yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal.

dr.Zam menambahkan manfaat puasa ramadhan juga dapat membantu proses regenerasi sel dalam tubuh. Ketika menjalankan ibadah puasa, sel-sel dalam organ tubuh kita melakukan proses regenerasi (pembaharuan sel) dengan baik.

BACA JUGA:  Derajat Warga Pantirejo Yang Paling Bangga Dengan Pelaksanaan TMMD

Selanjutnya, manfaat puasa ramadhan yakni dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dimana fungsi dari sel-sel getah bening akan membaik 10 kali lipat.

Puasa juga dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang sangat berguna bagi penderita diabetes. Selain itu, pembatasan asupan kalori dalam tubuh saat seseorang berpuasa juga dapat mengurangi resistensi insulin, kata dr.Zam.

Tak hanya itu, puasa juga dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil lantaran mencegah lonjakan dan penurunan kadar gula darah dalam tubuh, ujarnya.

BACA JUGA:  Polres Tulang Bawang Luncurkan Aplikasi Sekelik Polres TUBA, Berikut Keunggulannya

Dan puasa juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.Sebab, puasa dapat membantu menurunkan tekanan darah, trigliserida, dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, meningkatkan fungsi otak, membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan hormon pertumbuhan serta mencegah kanker.(Red)

About admin

Check Also

Babinsa SerkaHasan Basri Cek Suhu Tubuh warga Dipasar Tradisional, Ingatkan Warga Pakai Masker

LABUHANBATU, Lampung1.com – Masih banyaknya masyarakat yang tidak mengindahkan protokol kesehatan, apalagi dipasar pasar tradisional, …