Sabtu , Juli 24 2021
Home / Peristiwa / Global Potensi Tanggamus Support Giat Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Global Potensi Tanggamus Support Giat Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

LAMPUNG1.COM, Tanggamus – Selama dibulan Ramadhan 1442 H Perpustakaan Daerah Tanggamus yang disuport oleh Lembaga Global Potensi Tanggamus melaksanakan berbagai kegiatan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, giat dilaksanakan di Perpus yang berada di depan lapangan merdeka Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus.(5/5/2021).

Pada bulan Januari tahun 2020, Kabupaten Tanggamus telah dikukuhkan sebagai Kabupaten Literasi dan Hj. Dewi Handajani Bupati Tanggamus sebagai bunda literasi oleh Kepala Perpustakaan Nasional.

Sebagai tindak lanjut Kabupaten Tanggamus melalaui Dinas Perpustakaan Daerah melaksanakan program kegiatan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang merupakan kegiatan prioritas Nasional mewujudkan Penguatan Literasi Untuk Kesejahteraan. Kegiatan ini dilaksanakan bersama dengan lembaga pendukung perpustakaan (Library support).

BACA JUGA:  1 Rumah Di Lampung Timur, Hangus Terbakar.

Kabid Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan dan Arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanggamus, Johan Wahyudi MS,S.Ipem,ST.MT mewakili Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Tanggamus menyampaikan.
“Kegiatan kami di perpustakaan ini terutama pada bulan suci ramadan kali ini diawali dengan kegiatan bagi nasi kotak dan takjil yang dibagikan di Perpus daerah, Training “Move On”,Kemudian kegiatan bedah buku “Growing is Fun” yang diisi oleh Yeni Ernani penulisnya langsung, lalu kemudian yang terakhir adalah kegiatan ajang tampil bakat yang menampilkan anak-anak TK, SD yang mau menampilkan potensi terbaik anak masing-masing, ada yang tampil Mengaji, hapalan surat pendek, menyanyi dan menari,” ujarnya.

BACA JUGA:  Kawal Material Pembangunan, Satgas TMMD dan Kades Terjun Lapangan

Lanjutnya lagi” harapannya ke depan masyarakat Tanggamus dapat memanfaatkan perpustakaan ini sebagai tempat membaca, menulis dan mencari informasi, sebagai pusat kegiatan bagi masyarakat yang ingin mengembangkan sumber daya yang ada, disini juga jaringan internet tersedia bebas, dengan dijadikan perpus sebagai pusat kegiatan masyarakat maka apa yang ingin dicapai sebagai perpustakaan berbasis inklusi sosial sebagai program nasional dapat terwujud” pungkasnya.

Sementara itu Yeni Ernani Direktur Global Potensi sebagai library support mengatakan.
“Kami adalah salah satu lembaga yang fokus pada pengembangan sumber daya manusia yang ada. Untuk kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Tanggamus selama bulan suci ramdahan ini dan kedepannya kami support terus , bahkan kami secara bersama-sama mencarikan ide-ide kegiatan yang akan dilaksanakan, dan semua kegiatannya termasuk kami nonpembiayaan” jelas Yeni Ernani.

BACA JUGA:  Wagub Chusnunia Buka Operasi Pasar Bersubsidi Ketiga di Tulang Bawang Barat

Meningkatnya kualitas layanan Perpustakaan berbasis inklusi sosial untuk kesejahteraan. Melalui program ini Perpustakaan Kabupaten Tanggamus ingin mewujudkan sebuah inovasi pengembangan SDM, meningkatkan kualitas manusia melalui budaya gemar membaca yang selanjutnya dapat mengahasilkan ide dan gagasan yang akan memunculkan suatu karya masyarakat. Kedepan kegiatan-kegiatan perpustakaan yang berbasis inklusi sosial terus digalakkan agar masyarakat Tanggamus dapat memahami pentingnya perpustakaan sebagai pusat kegiatan masyarakat. (Adi)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Puskesmas Bunut Siapkan 250 Vial, Warga Wayratai Jalani Vaksin Tahap Kedua

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Vaksinasi tahap kedua (2) di Kabupaten Pesawaran mulai dibuka. Satu diantaranya UPT Puskesmas Bunut, …