Sabtu , September 18 2021
Home / Agama / Gubernur Lampung Ijinkan Takbiran & Sholat Idul Fitri Di Masjid

Gubernur Lampung Ijinkan Takbiran & Sholat Idul Fitri Di Masjid

LAMPUNG1.COM, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, akhirnya mengijinkan digelarnya tradisi malam takbiran, dan sholat Idul Fitri berjamaah di Masjid dan Musholla, serta Tanah Lapang.

Keputusan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Nomor 045-2/1807/02/2021, tertanggal (10/5), yang ditandatangani oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi,

Sesuai Surat Edaran tersebut, secara tehnis, aturan penyelenggaraan Takbiran, boleh dilaksanakan, dengan peserta 10 %, dari kemampuan dan kapasitas daya tampung setiap Masjid atau Musholla.

BACA JUGA:  Satgas TMMD 109 Bantu Warga Pasang Lisplang Musholla

Tetapi untuk tradisi Takbiran Keliling, pada lebaran tahun ini, tetap tidak diperbolehkan.

Kemudian bagi Kabupaten atau Kota yang berstatus Zona Hijau atau Kuning, diperkenankan menggelar Sholat Idul Fitri berjamaah, dengan peserta 50 % dari kapasitas dan daya tampung maksimal setiap Masjid, Musholla dan Tanah Lapang.

“Takbiran di Masjid, serta Sholat Idul Fitri 1442 H, di Masjid atau di Tanah Lapang, boleh digelar berjamaah, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat, untuk menghindari COVID-19,” tegas Gubernur Lampung.

BACA JUGA:  Alumni FH Saburai Tedi Zadmiko Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketua Ikafah Universitas Saburai

Panitia Sholat Idul Fitri harus berkordinasi dengan Satgas COVID-19 pemerintah, serta pihak keamanan, untuk memastikan penerapan protokol kesehatan, antara lain menyiapkan fasilitas cuci tangan/hand sanitizer, melakukan pengukuran suhu badan, jemaah wajib memakai masker, membawa perlengkapan sholat masing-masing, tidak berjabat tangan, dan durasi waktu Khotbah Idul Fitri tidak lebih dari 20 menit. (Eko Arif)

Baca Artikel Menarik di LV

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Wakapolda Lampung Pantau Vaksinasi Massal COVID-19 Di Lampung Timur

LAMPUNG1.COM, Wakapolda Lampung Brigjen Pol Subiyanto, pada Sabtu (18/9), memantau langsung proses pelaksanaan Vaksinasi Massal …